Para Jawara Di Ajang Bandung Lou Han Competition Contest 2018

Para Jawara Di Ajang Bandung Lou Han Competition Contest 2018

Tanpa perlawanan berarti, cinhua milik William asal Bandung sukses merajai kontes. Kampiun cinhua A itu unggul telak di babak grand champion. Lima penilai asal Bandung, Salatiga, Garut, dan Semarang, sepakat menyematkan gelar grand champion, la menyingkirkan pesaing utama, kampiun cinhua B milik Wendy asal Bandung. Bandung Lou Han Competition 2018 itu juga menobatkan ryukin senior milik Kiking Zamorano asal Bandung sebagai terbaik.

Kemenangan yang digapai kampiun cinhua > 23 cm itu sudah diprediksi sebelumnya. Peraih grand champion pada Walikota Cup Bandung 2003 itu memang prima. Nongnong besar, tubuh proporsional, dan corak metalik di sisik pangkal ekor solid. “Yang istimewa tubuhnya besar,” ucap Ferfdy juri asal Garut. Panjang tubuh ikan yang memiliki sedikit taburan mutiara itu mencapai 28 cm. Bandingkan dengan pesaing beratnya, kampiun cinhua B, yang berukuran 18 cm. Lou han milik Wendy itu tak kalah prima. Tubuh proporsional, nongnong bulat penuh, dan tubuh bertabur mutiara.

Perjuangan berat sang grand champion justru terjadi saat beradu cantik dengan peserta di kelasnya. Ikan penghuni akuarium 1 itu harus bertarung keras sejak babak 10 besar melawan penghuni akuarium 3,7, dan 45. Di babak final, sang grand champion mempecundangi semua lawan dengan total nilai 244.8. Berturut-turut juara ke-2 dan ke-3 direngkuh akuarium 45 dan 3 dengan total nilai masing-masing 237,7 dan 234.

Lou Han Competition
Lou Han Competition

Singkirkan ranchu jumbo

Di kategori maskoki, perebutan grand champion berlangsung sangat ketat. Ryukin milik Kiking Zamorano asal Kota Kembang sukses menyingkirkan semua pesaing kampiun oranda senior, open, ranchu senior, dan ranchu jumbo. Yang disebut terakhir merupakan grand champion di Alfamart Fish Competition

2018 sebulan silam di Plaza Maspion, Jakarta. Ryukin peraih kampiun ryukin senior di Alfamart Fish Competition 2018 itu unggul hingga babak akhir karena terus bergerak aktif. Andai sang pesaing ranchu jumbo tidak loyo, gelar grand champion mungkin direngkuh. Maklum, klangenan yang juga milik Kiking Zamorano itu bersosok sangat prima. Lengkung punggung membentuk setengah lingkaran sempurna dan tubuh terlihat berotot.

Di kelas top view, ranchu lagi lagi milik Kiking mendulang juara ke-1 sampai ke-3. Sapu bersih juga terjadi di kelas tosakin, terbaik hingga juara ke-3 direbut Ever Tagoli dari Bandung. Maskoki-maskoki milik Kiking yang turun di semua kelas banyak meraih juara. Wajar, bila gelar juara umum pun berhasil didapat oleh pengusaha tekstil di Bandung itu.

Menurut Nandy, ketua panitia kontes, Bandung Lou Han Competition 2018 dari 15—18 April itu mayoritas diikuti peserta asal Jawa Barat, seperti Bandung, Tasikmalaya, Karawang, Garut, dan Sukabumi. Peserta luar Jawa Barat hanya datang dari Jakarta dan Temanggung. “Untuk lou han ada sekitar 250 peserta dan maskoki sekitar 100 peserta,” ujarnya.

Yudianto
Yudianto Yudianto adalah seorang penulis di Budidayatani dan Mitrausahatani.com. Ia memiliki hobi di bidang pertanian dan sering menulis artikel terkait teknik budidaya tanaman dan usaha tani. Yudianto berkontribusi dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan dan inovatif

comments powered by Disqus