Tanaman Hias Cantik Hasil Mutasi Genetika Dari Thailand

Philodendron istimewa itu diperoleh Anshori . Pemilik Zikita Nursery di Pondoklabu, Jakarta Selatan, itu mendapatkan filonya sebutan philodendron dari Thanachai Charusom yang berkunjung ke Indonesia. Kolektor tanaman hias di Bangkok itu membawa filo kecil berdaun tiga lembar. Saat itu keistimewaannya belum menonjol, tetapi Anshori berani membayar Rp5-juta. Ia menilai prospek filo itu sangat baik karena berdaun variegata.

Perkiraan Anshori ternyata benar. Penampilan kerabat Araceae itu kian cantik. Bagian daun berwarna putih semakin lebar sehingga seimbang dengan yang hijau.

Lanjutkan membaca

Surga Tanaman Hias Di Negri Siam

Dalam hitungan menit, beragam tanaman itu berpindah kepemilikan. Namun, itu belum cukup. Kaki-kaki para hobiis tanaman hias kawakan dari Indonesia itu kemudian melangkah memasuki anjungan lain di lokasi pameran seluas lapangan bola. Lagi-lagi beragam jenis teranyar jatuh dalam genggaman. Ekshibisi akbar setiap akhir November dalam rangka memperingati ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej itu memang kesohor sebagai surga untuk mendapat jenis-jenis paling gres.

Tak puas dengan hasil perburuan di Suang Luang, Chandra Gunawan melanjutkan perjalanan menyambangi nurseri milik Thanachai Charusom.

Lanjutkan membaca

Pengembangan Dan Budidaya Pohon Matoa Di Jayapura

Itu cerita masa lampau. Beberapa tahun mendatang, Buah matoa bisa dijolok menggunakan galah seperti mangga di pekarangan rumah atau kebun rakyat. Sejak 2 tahun silam anggota famili Sapindaceae itu dibudidayakan sebagai tanaman komersial.

Nilai jual buah matoa yang tinggi, Rp30.000-Rp35.000/kg di pasar-pasar buah di seputaran Jayapura ikut mendorong maraknya pengembangan pohon matoa. Masyarakat Papua sudah banyak yang mulai membudidayakan,” papar Ir Apri Sukandar MDiv, calon anggota DPR RI terpilih dari Partai Damai Sejahtera ketika mengajak Budidaya Tani berkunjung ke daerah pemilihannya.

Lanjutkan membaca

Analisis Usaha Perkebunan jeruk siam

Waktu Budidaya Tani berkunjung pada akhir Maret, dahan pohon-pohon jeruk siam di kebun itu terlihat doyong ke bawah lantaran sarat buah. Satu tangkai digelayuti 5—8 bulatan berwarna hijau tua. Beberapa pohon malah disesaki buah hijau kekuningan, siap dipanen. Meski panen raya jatuh pada Juli dan Desember, tanaman hampir tak berhenti berbuah.

Budidaya Tani mencicipi siem yang dipetik dari tanaman yang bibitnya didatangkan dari Malang. Rasanya manis sekali. Kadar air pun banyak.

Lanjutkan membaca

Sentra Produksi Camilan Olahan Durian Thailand

Rumah Wanee Boonsawad di Kabupaten Thamai, Provinsi Chantaburi, ibarat potret keperkasaan Thailand di bidang diversifikasi pertanian. Betapa tidak, durian mentah yang di pelosok desa di Jawa Barat dimakan untuk teman makan nasi, di sana justru diolah menjadi berbagai produk camilan durian seperti keripik, dodol, tepung, dan semprong durian. Wanee dan rekan-rekannya semua ibu rumah tangga kemudian mengekspor kreasi mereka ke Hongkong, Cina, dan Eropa.

Jangan membayangkan tempat Wanee dan kawan-kawannya seperti pabrik-pabrik besar yang lengkap dengan beragam mesin canggih dan pegawai ratusan orang.

Lanjutkan membaca