Minggu, 25 Oktober 2020

Cara Pilih Lou Han Golden

Mau punya lou han golden atau golden super red yang pasti bermasa depan bagus? Beli yang berukuran di atas 4 inci. Harga ikan sebesar itu sekitar Rp5-juta-8-juta/ekor. Sedangkan super red 6 inci, Rp20-25-juta/'ekor. Bagi yang berkantung cekak, bakalan lou han kuning 1,5-2 inci bisa jadi pilihan asal tahu ciri kualitasnya.

Sepintas bakalan lou han kuning memang sama dengan lou han bercorak. “Saya belum pernah dan tidak yakin kalau ikan 1 inci-1,5 inci sudah keluar warnanya full, paling-paling hanya corak letter-nya mulai memudar,” tutur Markus Ahadi, praktisi lou han di Bintaro, Jakarta Selatan.

Karena warnanya belum terwujud, importir lou han mengandalkan kepercayaan pada sang peternak. “Pasti sih pasti, tetapi berapa lama masa mutasi dan bagaimana kualitasnya nanti satu dan lain ikan berbeda,” tutur pemilik Indo Louhan.

Pilih bentuk

lou han kuning
Lou Han Golden

Lamanya menunggu masa mutasi terobati, jika suatu saat lou han golden pilihan tumbuh bagus. Oleh karena itu lihat bentuk tubuh termasuk kepala. “Saya sarankan jangan terpaku hanya menguber prasyarat warna, bentuk tubuh lebih penting,” tegas Markus.

Pilih lou han berbadan pendek. Artinya perbandingan panjang dan tinggi tubuh tidak terlalu jauh. Sebab, semakin ikan tumbuh besar semakin tidak proporsional. Cikal-bakal kepala atau tanduk bisa diamati sejak kecil. Setidaknya antara mulut dan kepala terdapat sedikit fonjofan tulang kepala. Kalau bisa pilih yang bermuka pesek, mulut dan kepala dekat

Setelah bentuk, amati ciri corak dan warna. Pilih yang memiliki sedikit black marking. Hindari banyak corak yang dilingkari bingkai metalik. Corak seperti itu lebih awet. Karena nantinya harus hilang, keberadaannya pada bakalan lou han golden harus seminimal mungkin. Seluruh warna hitam di tubuh, sebaiknya juga tidak terlalu pekat.

Sebelum pola hilang, biasanya warna kekuningan muncul duluan. Terkadang bagian pipi berwarna oranye. Khusus super red, semburat merah muncul di bawah insang. Kalau sudah ada tanda mutasi, tidak sampai 1 bulan ikan sudah kuning polos. Jika masih bercorak penuh biasanya agak lama. Dua minggu setelah tanda mutasi muncul kulit terlihat seperti mengelupas. Berangsur-angsur warna hitam meluntur dan akhirnya kuning polos.

Memacu warna

lou han dengan mutu show color A+
corak dan warna

Selama ini belum ada trik untuk melunturkan hitam di seluruh tubuhnya. Semua beijalan alami. Kalau sudah mutasi, peningkatan warna baru bisa sedikit dipacu. Misalnya, dengan memberi udang hidup dan pakan buatan. Markus mengkombinasi pakan lou han golden: pagi udang tawar hidup, pelet khusus lou han, siang blood worm, sore pelet bits complete food. Untuk mengeluarkan warna merah berikan pelet parrot. Pakan diberikan 6-8 kali sehari. Kualitas air mendukung pertumbuhan dan warna, sehingga perlu dibubuhkan black water ekstract.

Biasanya lou han kuning kurang bagus dihasilkan dari persilangan 2 jenis tertentu. “Turunan F1 darahnya belum murni golden red,” tutur presiden komisaris sebuah perusahaan di Jakarta. Jika yang dikawinkan sesama golden red yang strainnya sudah kuat, itu yang akan menghasilkan turunan golden red bagus.

Kalau pilihan tepat, Anda akan mendapatkan lou han dengan mutu show color A+. Standar itu hanya bisa dideteksi pada ikan di atas 3 inci. “Spot hitam sudah tidak ada lagi, warna ngejreng," tutur Markus. Bentuk tubuh simetris dengan kecenderungan meninggi tidak panjang. Tulang atas di kepala nonjol alias nong nong. Muka pesek atau pendek. Ikan seistimewa itu harganya 5 kali lipat dari golden atau super red kualitas biasa.