Biolan® Tingkatkan Mutu Dan Hasil Panen Hingga 20%-50%

Petani Kentang di Garut Mengalami Peningkatan Panen dengan Menggunakan Biolan® Sebagai Pupuk Utama

Senyum Asep Sahrudin, seorang petani kentang di Karyamekar, Samarang, Garut semakin sering terpancar di wajahnya. Penyebabnya? Hasil panen kentangnya kali ini meningkat dari 25 ton menjadi 40 ton. Prestasi ini tidak mungkin tercapai dengan menggunakan pupuk konvensional. Rahasianya terletak pada penggunaan Biolan sebagai pupuk utama tanpa campuran pupuk lainnya. Penggunaan pupuk ini terbukti lebih efisien, hanya memerlukan 20 liter pupuk untuk setiap 1 hektar lahan.

"Saya baru sekali menggunakan pupuk Biolan, namun hasilnya sudah sangat bagus," ungkap Asep dengan bangga. Meskipun baru pertama kali menggunakan Biolan, petani yang juga menanam cabai merah, kol, dan tomat ini telah merasakan keunggulan pupuk Biolan sejak awal. "Pertumbuhan tanaman terlihat berbeda dari biasanya," tambahnya.

Peningkatan hasil panen yang signifikan ini tidak berarti harus mengeluarkan biaya ekstra. Untuk mengolah lahan seluas 1 hektar, Asep hanya membutuhkan 201 liter Biolan, setara dengan Rp700 ribu. Jumlah ini ternyata lebih rendah dibandingkan biaya pupuk konvensional yang sebelumnya dikeluarkannya, yaitu sebesar Rp8 juta. Selain hemat biaya, pupuk cair lengkap Biolan juga memiliki keunggulan dalam kemasannya yang memudahkan dalam pengangkutan.

Peran Vital Pupuk dalam Pertanian

Dr. Ir Sunarwidi, Komisaris PT Trimustika Mitraniaga Megah selaku distributor Biolan, menjelaskan bahwa peningkatan hasil panen dapat terjadi karena Biolan bertindak sebagai pupuk utama. "Selain unsur hara makro, Biolan juga mengandung unsur hara mikro," jelasnya. Tidak mengherankan jika dengan pemenuhan semua kebutuhan tanaman, hasil panen dan mutu tanaman dapat meningkat hingga 20% sampai 50%.

Selama ini, petani hanya mengenal unsur hara makro seperti Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K). Terlihat dari kebiasaan pemberian pupuk yang selalu mengandung unsur hara tersebut. Namun, mereka jarang memikirkan kebutuhan unsur hara mikro yang sering kali hilang dari tanah.

Mengambil inspirasi dari fenomena tersebut, Biolan diproduksi sebagai pupuk cair lengkap yang mengandung NPK (Nitrogen, Fosfor, Kalium), serta unsur hara lainnya seperti Sulfur (S), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Zat Besi (Fe), Boron (B), Mangan (Mn), dan Molybdenum (Mo). Keberadaan unsur hara yang lengkap dalam Biolan membuat tanaman menjadi lebih sehat, sehingga lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Pertumbuhan daun dan buah juga terjadi dengan lebih cepat.

Beragam Jenis Biolan untuk Memenuhi Kebutuhan Tanaman

Biolan diberikan kepada tanaman dengan cara disemprotkan pada daun. Metode ini dianggap lebih efisien dan langsung mengenai sasaran dibandingkan pemberian pupuk melalui tanah. Namun, karena pemakaian sedikit-sedikit, frekuensi pemupukan harus dilakukan secara sering, sekitar 6-8 kali semprot setelah daun tumbuh, dan 2 kali semprot lagi setelah tanaman berbunga. Untuk menghemat biaya, pupuk ini dapat dicampurkan dengan pestisida.

Kebutuhan unsur hara tanaman berbeda-beda tergantung pada jenis tanamannya. Meskipun demikian, Biolan tetap dapat digunakan pada berbagai tanaman seperti padi, jagung, kedelai, kacang-kacangan, kubis, sawi, cabai merah, tomat, terung, serta kentang, wortel, ubi, dan tanaman perkebunan seperti teh, kakao, dan buah-buahan. Untuk memenuhi kebutuhan beragam ini, tersedia enam jenis Biolan, yaitu Biolan 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Setiap jenis memiliki dosis yang berbeda dan dikhususkan untuk tanaman tertentu.

Biolan kini telah tersedia di pasaran dan untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi PT Trimustika Mitraniaga Megah melalui Gedung Triguna Lt 2, suite 209, Jl. Hang Lekiu III/17, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120. Telepon: (021) 7254790, Faksimili: (021) 7396815, Email: [email protected].

Penutup

Penggunaan Biolan sebagai pupuk utama telah terbukti meningkatkan mutu dan hasil panen tanaman, seperti yang dialami oleh petani kentang di Garut. Dengan penggunaan Biolan, petani dapat menghemat biaya dan memperoleh hasil panen yang lebih baik. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang pupuk Biolan, jangan ragu untuk menghubungi PT Trimustika Mitraniaga Megah melalui kontak yang telah disebutkan. Mari kita dukung kemajuan pertanian dengan memanfaatkan pupuk yang efisien dan berkualitas.

Lebih baru Lebih lama