Minggu, 28 Februari 2021

Jenis-Jenis Koi Penjinak: Soragoi, Chagoi, dan Ochiba Shigure

Koi penjinak, atau koleksi ikan koi penjinak, telah menjadi daya tarik yang tak terbantahkan bagi para hobiis. Salah satu kolektor koi penjinak, Jefri, memiliki koi soragoi yang menjadi kebanggaannya. Namun, dalam dunia koi penjinak, ada lebih banyak lagi jenis-jenis yang menarik untuk dijelajahi. Mari kita telusuri lebih dalam tentang jenis-jenis koi penjinak yang menarik, termasuk asal-usul, sifat khas, dan panduan perawatan yang penting.

Soragoi: Keanggunan Dalam Corak Tunggal

Diantara beragam jenis koi penjinak, soragoi adalah yang cukup menarik perhatian. Soragoi memiliki corak tunggal yang dapat berupa abu-abu, hijau, atau cokelat. Corak ini memberikan kesan keanggunan yang tak terlupakan. Di dunia koi, soragoi dianggap sebagai spesies yang langka, terutama jika dibandingkan dengan jenis-jenis koi penjinak lainnya, seperti chagoi. Soragoi kemungkinan merupakan hasil persilangan antara koi chagoi dan koi dari kelompok gosanke. Hanya sekitar 5-10% dari 100 anak koi yang lahir yang akan berkembang menjadi soragoi. Sisanya biasanya menjadi chagoi atau jenis koi penjinak lainnya.

Di Jepang, soragoi dengan corak yang mengkilap seperti logam disebut dengan sebutan "gin rin soragoi." Efek kilap ini menambah daya tarik tersendiri, dengan jaring hitam atau abu-abu tua yang memberikan pesona tak terbantahkan. Soragoi juga dikenal dengan pertumbuhannya yang pesat. Pada usia 3 tahun, panjang tubuh soragoi bisa mencapai 85-90 cm, dan bahkan bisa tumbuh hingga 1,5 meter pada usia 7 tahun. Pertumbuhannya yang cepat dipengaruhi oleh faktor genetik serta jenis pakan yang dikonsumsi.

Soragoi

Chagoi: Sifat Supel dan Kekuatan Sosial

Chagoi merupakan jenis koi penjinak yang terkenal dengan sifatnya yang sangat supel dan mudah bergaul dengan pemiliknya. Chagoi tidak ragu-ragu mendekati manusia, dan sifat berani ini bahkan memengaruhi koi lain di sekitarnya. Maka tak heran jika chagoi sering menjadi pilihan utama bagi hobiis yang ingin menjalin hubungan akrab dengan koi di kolam mereka.

Walaupun corak chagoi pada awalnya hanya berwarna kuning dan cokelat, namun seiring bertambahnya usia dan ukuran tubuh, sisik chagoi akan menjadi semakin memukau. Pada awalnya, banyak hobiis yang meremehkan chagoi karena coraknya yang dianggap sederhana. Namun, dengan pertumbuhan dan perkembangannya, chagoi dapat berubah menjadi koi yang memukau dengan keindahan sisiknya.

Koi penjinak yang langka

Ochiba Shigure: Keistimewaan Kohaku di Kepala

Ochiba shigure adalah jenis koi penjinak yang memiliki arti "daun di atas air saat musim dingin." Keunikan ochiba shigure adalah pola kohaku di kepala dengan dasar warna hijau atau abu-abu. Terutama jika memiliki tubuh berkualitas seperti koi dari kelompok gosanke, ochiba shigure dapat menjadi pilihan yang istimewa. Meskipun ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan soragoi, ochiba shigure sering kali berhasil meraih prestasi dalam kontes koi, terutama dalam kategori kawarimono, bahkan mengungguli chagoi. Keunggulan ochiba shigure tak hanya terletak pada kombinasi warnanya yang menarik, tetapi juga pada bentuk tubuh yang proporsional.

Ochiba shigure

Merawat Koi Penjinak: Tips dan Panduan

Merawat koi penjinak memerlukan kesabaran dan perhatian yang tepat. Berikut beberapa tips yang berguna:

  1. Pemilihan Jenis Koi: Pilih 1-2 ekor koi penjinak saja dalam kolam. Jangan jadikan mereka populasi utama, tetapi sebagai pelengkap.
  2. Ukuran Koi: Pastikan ukuran koi sesuai dengan ukuran kolam dan koi lainnya. Hindari memadukan koi berukuran kecil dengan yang lebih besar, untuk menjaga keseimbangan.
  3. Memberi Pakan: Tetapkan lokasi tetap untuk memberi pakan, sehingga koi terbiasa mendekat saat Anda mendekati kolam.
  4. Keakraban Lebih Tinggi: Jika ingin menjalin hubungan lebih akrab dengan koi, contohlah Budi Wijaja, pemilik Paradise Koi di Jakarta. Dia bahkan rela merendam diri di dalam kolam untuk berinteraksi langsung dengan koi-koinya.

Kesimpulan

Dalam dunia koi penjinak, terdapat beragam jenis yang menarik, seperti soragoi, chagoi, dan ochiba shigure. Setiap jenis koi memiliki pesona dan karakteristik yang unik. Merawat koi penjinak memerlukan perhatian khusus, termasuk dalam memilih jenis koi yang sesuai, memberi pakan dengan tepat, dan menciptakan hubungan akrab. Dengan kesabaran dan usaha yang tepat, Anda dapat membangun ikatan yang kuat dengan koleksi koi penjinak Anda.

Jika Anda tertarik dalam hobi koi penjinak, pertimbangkanlah menambahkan soragoi, chagoi, atau ochiba shigure ke dalam kolam Anda. Nikmati indahnya hubungan akrab dengan koi penjinak yang akan membawa kegembiraan dan kepuasan dalam perjalanan hobi Anda. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman hobiis lainnya!

Document last updated at: Minggu, 28 Feb 2021