Ada Bianglala Warna Warni di Kamboja Cina

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Crimson star lazimnya memang berbunga merah muda. Itulah sebabnya banyak pengunjung pameran di sebuah plaza di Jakarta Selatan pangling. Soalnya, bunga adenium itu terdiri atas merah menyala dan putih selain merah muda. Nurseri berkreasi dengan menggabungkan 3 sampai 5 varietas di satu bonggol. Di Thailand, kreasi itu sudah lebih dulu populer.

Kamboja cina sebutan adenium di Malaysia warna-warni bisa pula disaksikan di Godong Ijo Nurseri di Sawangan, Depok. Sejak 2002 Chandra Gunawan, pemilik nurseri, memberikan sentuhan baru dengan cara menyambung beragam jenis adenium. Dengan demikian di satu pot mekar chiang may berwarna pink, la on thong yang merah putih, dan red dong muang yang merah darah. Hobiis reptil itu juga mengkombinasikan 5 varietas, bahkan lebih.

Bacaan Lainnya

Ternyata, konsumen menyukai alternatif baru yang semula dicap norak itu. “Penggemarnya terutama ibu-ibu,“ tutur Handoyo, staf Godong Ijo nurseri. Meski harga lebih tinggi 1,5 kali daripada tanaman 1 warna, tetapi tetap lebih murah dibandingkan membeli varietas satu per satu.

Daun sama

Membuat mawar gurun berwarna-warni cukup mudah. Anda pun bisa melakukannya. “Semua varietas dari spesies Adenium obesum bisa dikombinasikan di bonggol itu,” kata Handoyo. A obesum terdiri atas lebih 50 varietas. Beberapa varietas antara lain: red dong muang, endless sunset, taiwan red, black ruby, dan duang yi hwa.

Namun, hati-hati bila menempelkan di bonggol A. arabicum, sebab pertumbuhan lebih cepat daripada varietas-varietas di atas. Sebaliknya dengan A. somalense lebih lambat. Bila sembarang menjodohkan dengan kedua spesies di atas, pertumbuhan tanaman jelek karena tempelan lebih kecil atau lebih besar ketimbang bonggol.

A. arabicum hanya klop dengan varietas arabicum sendiri dan beberapa varietas A. obesum. Contohnya daeng anant, red dusk, arizona variegated, pink swazicum, dan somalense variegated. Pertumbuhan kelimanya bongsor sehingga bisa mengimbangi A. arabicum yang terkenal cepat tumbuh.

Sedangkan bonggol A. somalense bisa ditempel dengan semua varietasnya yaitu pink lines, yoseph discovery, granada, enchanted, sexy leopard, red flash, dan somalense variegated. Spesies somalense sebaiknya tidak digabung dengan varietas berdaun lebar karena pertumbuhannya kalah, meski cabang tidak mati. Jadi penggabungan sebaiknya dengan varietas yang satu spesies.

Agar aman, pilih batang bawah dan entres yang mempunyai kesamaan bentuk daun. Bonggol berdaun panjang ditempel dengan entres daun panjang. Bonggol berdaun bulat, dipasangkan dengan entres berdaun bulat. Bila tidak, pertumbuhan daun kecil kalah cepat sehingga tetap kerdil. Akibatnya mawar gurun tak mau kompak berbunga serempak.

  1. Pilih tanaman bercabang banyak berdiameter 1 cm.
  2. Pangkas cabang 2 cm dari batang bonggol atau sesuaikan dengan diameter batang.
  3. Cabang yang baru dipangkas diiris dua sehingga terbentuk celah meruncing.
  4. Ambil entres yang seukuran dengan batang bawah. Iris dua sehingga pangkal meruncing.
  5. Tempelkan entres pada cabang yang telah diiris menjadi 2 bagian. Ikat dan bebat dengan plastik es yang telah diiris tipis.
  6. Tutup dengan plastik bening. Ulangi perlakuan pada cabang lain dengan warna bunga berbeda.
  7. Setelah 2 minggu entres telah bersatu. Plastik boleh dibuka.

Pos terkait