Alokasia: Belang Macan di Bira

Delapan helai daun berbentuk oval dalam pot berukuran 25 cm di kebun Ir Abdul Kadir di Sleman, Yogyakarta, langsung menyita perhatian. Maklum saja alokasia bermotif laksana tulang rusuk manusia itu berbeda dengan yang lain.

Lazimnya anggota famili Araceae itu berwarna dominan hijau. Cuprea metallica alocasia milik Abdul justru dominan perak. Daunnya kecil dengan panjang sekitar 15 cm dan lebar 9 cm. Sosok pendek dan kompak tampil menarik.

Koleksi Abdul Kadir yang lain adalah melo. Daun alokasia asal Malaysia : itu berbentuk oval dengan bagian pinggir melengkung ke belakang dan ujung meruncing. Daun kaku dan tebal. “Keistimewaan melo terletak pada tekstur permukaan daun yang kasar seperti amplas,” ujar Abdul. Pemilik nurseri Pesona itu mendatangkan 10 pot melo dari Malaysia pada Mei 2020.

Klangenan lain yang juga berasal dari negeri tetangga: chaii. Sekilas anggota Araceae itu mirip melo. Ukuran daun sedang, berbentuk oval dengan panjang 23 cm dan lebar 16 cm. Namun, permukaan daun chaii sangat halus.

Kaya akan corak

Cuprea metalica, daun tebal dan kaku, sosok kompak

Alumnus Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada, itu pun memiliki alokasia yang batangnya bercorak, yaitu brancifolia dan white plumbea. Yang disebut pertama merupakan spesies maluku dan papua. Bentuk daun mirip sukun, menjari, tipis dan lemas. Batang bercorak seperti macan dengan kombinasi warna putih hijau. Sosok sedang sehingga kelihatan anggun saat menghiasi sudut ruang tamu dan teras.

White plumbea hasil penyilang asal Amerika Serikat. Alokasia itu mirip plumbea. Daun tipis dan bentuknya menyerupai hati.

Bedanya pada warna batang. Plumbea berwarna cokelat keunguan, sedangkan white plumbea putih kemerahan.

Koleksi lain, dragon scale, reginae, reversa “Hannah”, black velvet, dan purple prince. Keistimewaan dragon scale terlihat pada daun bagian belakang yang berwarna merah marun. Sedangkan pada permukaan atas daun muda terlihat sapuan warna perak. Bentuk daun mirip hati. Alokasia asal Thailand itu bertangkai pendek sehingga sosok terlihat kompak.

Reginae menyerupai dragon scale. Sosok anggota famili Araceae itu kompak, daun tebal berbentuk hati, dan permukaan bawah daun berwarna merah marun. Bedanya, bagian pinggir daun bergelombang mengikuti jari-jari. Reginae berasal dari Kalimantan.

Yang juga berasal dari Borneo adalah reversa “Hannah”. Alokasia berdaun tebal itu istimewa lantaran memiliki 2 warna Hijau tua di bagian tengah dan hijau muda keperak-perakan di bagian pinggir.

Black velvet, alokasia pertama yang dimiliki Abdul Kadir. Sosoknya pendek dan kompak. Tulang daun berwarna putih terlihat kontras dengan daun yang berwarna hijau tua. Purple prince diimpor Abdul dari Amerika Serikat
pada September 2020. Sesuai namanya purple, yang berarti ungu, bagian belakang daun alokasia itu berwarna ungu tua. Daun bagian atas hijau, kontras dengan tulang daun yang berwarna putih. Daun tipis, tapi agak kaku.

Tanaman hias Indoor Terfavorit

Keindahan bira sebutan alokasia di Jawa Barat juga membuat Emma Solossa, SE, jatuh cinta. Istri mantan Gubernur Papua, JP Solossa, itu kepincut pada mercedes. Disebut begitu lantaran kerabat aglaonema itu memiliki bentuk seperti logo mobil mewah asal Eropa itu. Sosok tanaman jangkung, bentuk daunnya unik, dan batangnya bercorak.

Alokasi yang tak kalah cantik dikoleksi Ino Tomasouw di Cilangkap, Jakarta Timur. Hilo beauty berpenampilan menarik lantaran corak daun mirip tentara, loreng. Pemilik nurseri Tanires Flora itu memboyongnya dari Thailand akhir 2020 Bira salah satu tanaman pot indoor favorit.

Di dalam ruangan ia tahan 2 sampai 3 minggu. Pilihan jenisnya beragam. Itu berkat tangan dingin para penyilang. Nun di Bogor, Gregori Garnadi Hambali pernah menyilangkan kerabat anthurium itu pada 1979. Namun, kegiatan itu dihentikan lantaran kekurangan bahan.

Karenaitu, saat ini ia memfokuskan diri untuk mengumpulkan tanaman induk sebelum menyilang lagi. Menurut jebolan University of Birmingham itu bira sangat menarik lantaran keragaman jenisnya tinggi dan memiliki corak di daun dan batang. Jadi pantas jika alokasia menjadi pilihan untuk menghiasi sudut ruang tamu dan teras.