Bauhinia kockiana: Si Kupu kupu yang merambat

Tidak semua tanaman kupu-kupu layak dijejerkan di pinggir jalan sebagai pohon penghijauan. Bauhinia kockiana, si kupu-kupu merambat pantasnya ditanam di pot atau pergola sebagai penghias taman.

Ceria warna bunga B. kockiana sudah dapat dinikmati Ny. Suroyo sejak 3 tahun lalu. Keunikan tanaman keluarga Fabaceae ini terletak pada daunnya yang kebanyakan menyerupai sayap kupu-kupu. Muncullah sebutan pohon kupu-kupu. Namun, khusus untuk B. kockiana, daunnya lebih mirip tanaman lada. ’

Pemilik si kupu-kupu merambat belum banyak karena merupakan varietas baru. Padahal warna, bentuk, dan daya tahan bunganya sangat istimewa.

Bunga yang kuning lama-kelamaan berubah menjadi jingga, lalu merah sehingga satu dompol memiliki tiga warna. Bunganya yang lebar terdiri dari lima petal berukuran sama besar dengan tangkai pendek.

Satu dompol bunga terdiri atas 20-25 bunga kecil yang dapat bertahan sampai 4 bulan. Sudah bunganya tahan lama, ia pun rajin berbunga.

Bauhinia kockiana Bisa ditanam Di pot atau langsung di tanah

B. kockiana tumbuh baik di dataran rendah seperti Jakarta, tetapi di tempat lebih tinggi, pertumbuhannya kian bagus. Sosoknya terlihat indah baik ditanam di tanah maupun di pot.

Kalau untuk koleksi sebaiknya dipotkan karena akan lebih rajin berbunga. Potnya berdiameter 15cm sampai 20cm. B. kockiana milik Ny. Suroyo ditanam di tanah karena sering diperbanyak lewat cangkokkan.

Agar cepat berbunga, cangkokkan berasal dari batang tua. Tanaman berbunga 4 sampai 5 bulan setelah dipindah ke media tanam dan memiliki daun muda yang cukup banyak. Masa berbunga biasanya pada musim kemarau. Mula-mula daun berguguran, kemudian muncullah bunganya yang seperti soka.

Sang kupu-kupu memiliki sulur untuk merambat. Bila sulur sudah cukup panjang akan keluar semacam cantelan sebagai alat merambat. Media rambatnya beragam, mulai dari pagar kawat sampai dinding tembok. Bisa juga digunakan kawat, kayu, atau pergola sesuai keinginan.

Tanaman mulai merambat setelah berukuran 1 meter. Sulur tanaman perlu dipangkas. Ny. Suroyo memanfaatkan sulur-sulur yang hendak dipangkas sebagai calon cangkokkan.

Termasuk tanaman yang jarang terserang hama

Bauhinia kockiana tergolong bandel karena jarang terserang hama atau penyakit. Perawatannya pun tidak sulit. Sebagai tahap awal diberikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan daun, seperti Dekastar hijau, campuran TSP dan NPK, atau Osmocot plus.

Dekastar hijau diberikan bersamaan dengan pemindahan cangkokan ke dalam pot. Untuk pot kecil (diameter 15cm sampai 20cm) diberikan sebanyak 1 sendok teh; pot besar (diameter 30cm), 2 sendok teh.

Caranya pot diisi dengan media setengahnya, masukkan cangkokkan lalu taburi pupuk di sekelilingnya. Tutup kembali dengan media. Selanjutnya pupuk diberikan bersamaan dengan penggantian media.

Bisa juga menggunakan pupuk yang lebih murah, campuran TSP dan NPK dengan perbandingan 1:1. Dosis yang digunakan sama tetapi lebih sering (satu bulan sekali).

Caranya dengan ditaburkan di atas media. Bila daun tanaman kuning dapat diatasi dengan dolomit secukupnya (sejumput). Sedangkan Osmocot plus yang mengandung sulfur dan besi diberikan dengan cara dibenamkan.

Pupuk untuk bunga berupa pupuk majemuk NPK 6:13:25. Pemberiannya bersamaan dengan pupuk majemuk NPK 18:11:10. Satu sendok teh untuk pot kecil, dua sendok teh untuk pot besar, terdiri dari campuran kedua pupuk majemuk tersebut.

Bisa juga dilakukan secara terpisah, dengan cara ditebarkan di atas media tetapi jangan terlalu banyak.

Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, pupuk kandang dan humus dengan perbandingan 2:1:1. Pergantian media dilakukan dengan mengangkat tanaman, lalu buang sebagian tanah yang mengelilingi akarnya.

Sementara itu, siapkan media baru dengan komposisi sama. Penyiraman selama musim kemarau dilakukan dua kali, pagi dan sore. Di musim hujan frekuensinya dikurangi sesuai kebutuhan tanaman.

Halaman terakhir diperbaharui pada 24 November 2021

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.