Budidaya Tani

Berkat Izeki Herpes KHV Tak Kembali

Wabah herpes yang melanda Indonesia beberapa waktu lalu membuat peternak dan hobiis kewalahan. Epidemi itu menjangkiti berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Serangan terjadi sangat cepat dan mematikan. Kerugian yang mereka derita pun tak sedikit.

Herpes disebabkan oleh virus KHV (Koi Herpes Virus). Awalnya ikan . tampak lamban bergerak, mogok makan, dan kerap muncul ke permukaan. Gejala berikutnya terlihat bintil merah di perut. Bila diurut, akan pecah dan keluar darah. Kulit terkelupas menandakan serangan semakin parah, sehingga ikan pun meregang nyawa.

Meski wabah mereda, peternak tetap harus waspada. Pasalnya, virus hanya aktif pada suhu optimum 17 sampai 26°C. Bila suhu diturunkan atau dinaikkan, virus tak aktif. Namun, ia tetap bertahan dalam tubuh ikan. Artinya, begitu suhu optimum dicapai, virus kembali muncul.

Di Jepang, herpes pernah muncul 5 sampai 6 tahun silam. Tak hanya koi, maskoki dan lou han pun tak luput dari serangan, meski sempat mewabah.

Solusi ditemukan oleh Takayuki Izeki, President Izeki Co., Ltd. Pria Jepang itu menciptakan Izeki A, obat untuk mencegah dan mengatasi serangan herpes. Produk itu mengandung bakteri fotosintesis aerobik yang mampu mengubah limbah hasil buangan ikan menjadi limbah positif sehingga kualitas air tetap terjaga.

Untuk mengobati herpes, cukup masukkan 2 kg Izeki A dalam 10 ton air. Naikkan suhu air hingga 32°C. Jangan mengganti atau menambah air. Ikan sembuh dalam 7 sampai 10 hari. Virus mati dan tak kembali menyerang.

Izeki A juga mampu menyembuhkan penyakit lubang (hole disease} pada ikan. Untuk 10 ton air cukup gunakan 1 kg obat dalam filter, lalu biarkan. Dalam 7 sampai 10 hari ikan sembuh.

Drs. Putu Sumardika Msc
Drs. Putu Sumardika Msc (Departemen kelautan dan Perikanan) Ir Herryandi Saputra ( Ketua Asosiasi Lou Han Jakarta) Mr. Takayuki Izeki (Presiden Izeki co ltd Japan)

Izeki A laiknya imunisasi yang mampu meningkatkan daya tahan ikan. Dengan demikian ikan bisa dicegah dari serangan penyakit. Akuarium yang dilengkapi heater terhindar dari lantaran virus tak tahan pada suhu di atas 35°C. Sayang, ikan belum tentu tahan suhu setinggi itu.

Magic Powder dan Super Clean C

Selain Izeki A, Takayuki menciptakan Magic Powder dan Super Clean C. Keduanya mampu menstabilkan kondisi air yang cocok bagi ikan. Magic Powder mengandung ekstrak batu khusus yang tersembunyi dalam tanah. Batu ini muncul saat gempa atau gunung meletus. Penggunaan batu khas Jepang itu sangat hemat. Cukup lgram untuk 1 ton air. Tak hanya membersihkan air, kedua produk itu juga ramah lingkungan.

Magic Powder dan Super Clean C pun bisa digunakan untuk koi dan ikan hias lain seperti lou han, diskus, dan maskoki. Penggunaan filter bisa membuat air tampak bersih. Namun, tak menjamin kotoran benar-benar hilang, terutama yang berukuran kecil.

Produk lain dari Izeki berupa pakan dan obat-obatan. Produk pakan hasil riset Izeki misalnya Ultra F, Ultra F-DX, Ultra P, Ultra L, Ultra L-DX, Brilliant F, Brilliant F-DX, Brilliant L-DX, dan Special Luo Han dan Super Head. Pakan Izeki ini mengandung chiken meals, alpha starchy, seaweeds powders, fish meat powders, multi vitamin chitin chitosan, spirulina.

Mr Takayuli Izeki (President Izeki Co ltd Japan) dengan produk Izeki ultra LDX kemasan baru dan komposisi baru khusus untuk Lou Han, Kimhwa dan Kemalau.

Produk-produk khusus untuk perawatan, diantaranya pembersih air, pengatur pH, dan perangsang wama pada ikan seperti oxidan, chitonarl dactylo shower, polituck, demilin, dll. Hampir seluruh peternak ikan profesional di Jepang menggunakan produk-produk Izeki itu. Produk Izeki ramah lingkungan.

Konsumen diharapkan berhati-hati dengan produk palsu. Untuk menjamin keaslian produk, sebaiknya membeli pada agen resmi. Produk Izeki hanya didistribusikan melalui distributor khusus. Di Indonesia pemegang lisensi tunggal PT. PUTRA PERKASA. Telp.: 021-6262334, 626 9817 Fax. 021-6258785

Pandu Dwilaksono

Add comment