Cara Negeri Jiran Budidayakan Chokanan

Satu dompol matang

Menanam chokanan menguntungkan lantaran perawatan gampang dan produktivitas tinggi,” kata Lim Poh Kuang, pekebun di Kualabikam, Bidor, Perak. Di belakang gudangnya tanaman setinggi 2 m berbaris rapi dengan jarak tanam 3 m x 4,5 m. Cabang pendek dengan tajuk rimbun dan padat. Di ujung dahan tampak buah berwarna hijau semburat kuning bergelantungan siap dipetik.

Cara bertanam chokanan di Malaysia setali tiga uang dengan mangga di Indonesia. Yang agak berbeda, sosok tanaman lebih pendek dan ramping lantaran rutin dipangkas. Bukan tanpa alasan tanaman dirancang kerdil. Selain mempermudah panen juga untuk meningkatkan produksi.

Lantaran bertajuk ramping, ia bisa ditanam padat. Itu mengadopsi teknik penanaman populasi padat high density planting yang sudah lazim diterapkan pekebun di Meksiko, Australia, Thailand, dan India.

Teknik itu memang bertujuan mendongkrak produktivitas. Pekebun India sukses menanam verietas amarpoli berjarak tanam 2,5 m x 2,5 m. Pada umur 9 tahun dipanen 22,5 ton per ha atau 10 kali lipat rata-rata produksi kultivar lain.

Di kebun Lim Poh Kuang, chokanan ditanam dengan jarak 3 m x 4,5 m. Meski tanaman berumur lebih dari 10 tahun mangga mudah dipetik karena dahan pendek-pendek.

Kombinasi varietas

Agar produksi optimal, penanaman dilakukan pada musim hujan. Selain itu penanaman dikombinasikan dengan varietas MAHA 65 dan golek. Jumlahnya 40% dari total populasi. Tujuannya agar benangsari mereka ikut membuahi chokanan sehingga produksi meningkat.

Pada saat Menanam chokanan benamkan 30 kg kotoran ayam. Pada tahun pertama taburkan NPK 15:15:15. Dosis 1 kg per tanaman. Tahun kedua menjelang pembuahan diganti NPK 14:13:19, dosis sama. Pada tahun keempat dan seterusnya menggunakan NPK 12:12:7. Dosis 4 kg/tanaman per tahun. Unsur mikro diberikan sejak tahun kedua. Diaplikasikan bersamaan dengan NPK. Bisa juga ditambahkan pupuk kandang agar rasa buah lebih manis.

Penyiraman dilakukan sehari sekali menggunakan selang. Di tengah-tengah kebun tampak parit kecil selebar 50 cm membelah barisan. Parit berfungsi mengalirkan air ketika musim hujan agar tanaman tidak terendam air yang mengakibatkan daun rontok.

Lalat buah jadi musuh pekebun chokanan. Ia meninggalkan bercak hitam yang mengurangi kemulusan buah. Mangga seperti itu tidak bisa dipasarkan. Untuk mengatasi lalat buah setiap 3 hari Lim menyemprotkan pestisida. Begitu buah seukuran bola tenis frekuensi penyemprotan dikurangi menjadi seminggu sekali.

Berbuah Sepanjang tahun

Menanam chokanan
Kecil-kecil sudah berbuah

Begitu permukaan kulit berselimut tepung putih, buah siap dipetik. Pemetikan menggunakan gunting agar penampilan buah tidak rusak. Dalam satu dompol buah matang seragam dan serempak. Chokanan berbuah sepanjang tahun. Namun, panen besar biasanya pada April, Juni dan September sampai November.

Dibanding varietas unggul lain seperti arumanis dan golek, manis madu julukan chokanan lebih genjah. Umur 2 tahun belajar berbuah. Produksi pertama 100 sampai 200 buah per tanaman. Bobot per buah 350 sampai 400 g. Tahun berikutnya dipetik 300 sampai 450 buah. Lima tahun kemudian produksi meningkat menjadi 6 ton/tanaman per tahun.