Cara Pairoj Tianchai Lebatkan Buah Miracle Fruit

Synsepalum dulcificum

Bayangkanlah ini. Mereka bergelantungan pada tanaman setinggi satu meter. Miracle fruit Synsepalum dulcificum yang ditanam dalam pot itu berbuah lebat sepanjang tahun. Semua itu bisa hadir di halaman rumah Anda lewat pemilihan media, pupuk, dan peletakan yang pas.

Di Thailand, berpot-pot buah ajaib itu Trubus jumpai di Chatuchack Weekend Market. Dari lacakan berikut terkuak informasi, salah satu sumber miracle fruit itu ada di pinggir kota Bangkok. Pairoj Garden Nursery lokasi tepatnya. Trubus pun langsung meluncur ke sana. Di lahan seluas 1000 m2, Pairoj Tianchai memelihara 10.000 pot miracle fruit. Umur tanaman bervariasi, mulai dari 6 bulan sampai 3 tahun.

Miracle fruit memang cocok dipotkan karena pertumbuhannya lambat. Toh, buahnya tetap bisa lebat memenuhi seluruh tajuk, seperti jika ditanam di tanah.

Sosok spektakuler miracle fruit itu ada di tempat Pairoj Tianchai. Pemberian pupuk, pemilihan media, dan peletakan tanaman adalah 3 rahasia Pairoj melebatkan sweet berry di dalam pot sepanjang tahun.

Faktor Perawatan

Ayah 3 anak itu menggunakan media yang terdiri dari sabut kelapa, pupuk kandang, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Di dasar pot diletakkan styrofoam. Media selalu dijaga agar tetap asam. Miracle fruit menyukai media dengan pH rendah, 4,5 sampai 5,8.

Synsepalum dulcificum menyukai media lembap, tapi tidak jenuh sehingga perlu disiram setiap hari. Pairoj menaburkan NPK 16:16:16 dua minggu sekali. Dosisnya, untuk pot ukuran 20 sebanyak 2 sendok makan NPK. Hati-hati jangan terlalu dekat dengan batang karena akan mengakibatkan batang terbakar.

Si buah ajaib berbuah lebat jika diletakkan di tempat teduh atau dengan cahaya remang-remang. Karenanya gunakan penaung 60 sampai 65%. Selain itu lakukan pemangkasan agar tajuk bagus dan banyak cabang. Semakin banyak cabang kian banyak buah yang kelak muncul.

Synsepalum dulcificum termasuk tanaman genjah. Tanaman asal biji sudah belajar berbuah pada umur 2 tahun. Produksi optimal dengan ukuran buah maksimum diperoleh setelah tanaman umur 3 tahun.

Semua kiat Pairoj Tianchai itu bisa diterapkan di sini. Hasilnya, buah berwarna merah kontras dengan hijaunya daun bakal muncul sepanjang tahun. Jika buahnya dikulum di mulut, rasa pahit, masam, asin, pedas pun berubah menjadi manis. Itulah miracle fruit, koleksi istimewa tabulampot Anda.