Budidaya Tani

Labu Hias Dari Zhongsan sampai Istana Negara

Di Cina Selatan tanaman labu tampil cantik sebagai pergola penghias taman. Di tangan Iin Hasim pakar tanaman hias keluarga Cucurbitaceae itu disulap menjadi pelengkap rangkaian bunga.

Sebuah perahu kecil melayari sungai kecil mengelilingi Fengben Agriculture Technical Garden di Zhongshan, Provinsi Guangdong, Cina Selatan. Empat penumpangnya kelihatan menikmati pemandangan kebun mangga, dragon fruit, jeruk, jambu batu, belimbing, dan pepaya di kanan-kiri sungai.

Meski hari terik mereka tak kepanasan karena perahu menyusuri sungai di bawah pergola labu. Buah berbentuk seperti tabung erlenmeyer besar itu bergelantungan laksana lampion. Panjang dari pangkal sampai ujung mencapai 1 m dengan bulatan sebesar kepala di bagian bawah. Sesekali para penumpang menyentuh buah berwarna hijau berbintik putih itu. Jenis lain,berbentuk sama dengan kulit keriput seperti kerak lahar.

Labu Lampu merah

Labu ornamental penghias Istana negara

Pergola keluarga Cucurbitaceae juga ditemukan di Xinhui Modern Agricultural Base dan Zhuhai Agricultural Science Centre keduanya juga di Cina Selatan. Beragam jenis labu memang banyak ditanam di Provinsi Guangdong, selain di Guangxi, Guizhou, Hurman, dan Jiangxi.

Kami melihat Lagenaria siceraria dirambatkan pada pergola bambu menaungi jalan setapak di Taman Labu. Bentuknya unik seperti botol arak dalam cerita-cerita silat Cina. Dahulu ia dimanfaatkan sebagai kendi atau wadah makanan sebelum ada periuk dan piring.

Pergola lain dirambati Luffa cylindrica. Buah seperti oyong itu berwarna hijau muda dengan kulit berlajur-lajur. Ada juga yang berbentuk mirip melon tapi tanpa urat. Warnanya putih pucat. Lalu ada labu meliuk-liuk menyerupai ular sehingga ia dijuluki pare belut. Di Indonesia ia kerap dirambatkan di pagar, pohon, atau dinding rumah.

Kami juga menemukan labu mi alias labu spaghetti. Ia mulai banyak ditemukan di pasar-pasar swalayan di Indonesia. Julukan labu mi lantaran daging buah yang padat berubah bentuk menjadi seperti mi bila dikukus.

Halloween mini

Pergola-pergola itu kian cantik bila dirambati anggota keluarga labu-labuan berwarna cerah. “Di sini ia disebut labu lampu merah,” tutur Pan Chun Xiao,pemandu Kami, sambil menunjuk labu mungil berwarna kuning bergaris putih.

Waktu muda labu berbentuk seperti bohlam itu berwarna hijau tua lalu hijau bergaris putih. Semakin tua warna hijau berganti kuning cerah. Jenis lain berwarna serupa berbentuk seperti pentungan. Ada yang tunggal dan kembar. Di Cina labu-labuan berbuah pada Juni sampai Desember.

Yang tak kalah menarik kehadiran labu halloween mungil. Warna oranye cerah sehingga kelihatan mencolok di antara daun yang hijau. Jenis serupa digunakan Iin Hasim perangkai di Jakarta untuk mempercantik rangkain bunga. Wanita energik itu mengoleksi beragam labu ornamental di kebun di Cipanas, Cianjur.

Selain berbentuk labu halloween mini, ada jenis berbintil-bintil, bulat mulus, dan seperti piring terbang bertanduk. Iin Hasim gemar menggunakannya dalam rangkaian lantaran bentuk unik dan warna menarik. Lagipula labu-labuan itu awet hingga berbulan-bulan. Hasil karya pemilik Incarla Nurseri itu kerap menghiasi ruang-ruang di Istana Negara.

Yudi Anto