Budidaya Tani

Pesona Plakat Cupang Berkilau Mutiara

Replika lonceng kemerdekaan Amerika Serikat buatan perupa Jepang, Mikimoto Kokichi, itu tampak istimewa. Selain dihiasi 366 butir berlian, tiruan lonceng yang dikerjakan pada 1939 itu ditaburi 12.250 butir mutiara. Kilau mutiara-mutiara itu selalu mempesona mata setiap pengunjung yang hadir di Balai Kemerdekaan Philadelphia.

Seperti replika lonceng itu, plakat hasil tangkaran David Je di Medan itu memiliki corak tubuh istimewa. Tubuhnya putih susu dan tampak berkilau seperti mutiara saat ditimpa cahaya. “Orang mengira putihnya tembus pandang, padahal tidak. Karena itu sering disebut sebagai plakat full white,” ujar Joty Atmadjaja, peternak di Serpong, Banten.

Menurut David, plakat full white itu diperoleh dari silangan jantan halfmoon full white dan betina plakat putih. “Dari 5 kali penyilangan selama 2 tahun hanya diperoleh seekor plakat full white,” ujar pemilik Saudara Optical itu. Pantas bila harganya membumbung tinggi mencapai Rp7,5-juta/ekor. Kolektor yang memilikinya pun hanya hitungan jari. Selain plakat full white, beberapa plakat baru kini sudah beredar di tanahair

Plakat orange

Sesuai namanya plakat hasil silangan betina plakat kuning dan jantan halfmoon merah itu memiliki corak jingga. Saat berumur 3 bulan warna semakin mentereng. “Ia termasuk sulit didapat seperti full white,” ujar David Je. Cupang berukuran 5 cm itu dijual sekitar Rp3-juta/ekor.

Plakat platinum white


Cupang hias asal Thailand itu sekujur tubuhnya diselimuti warna platinum. Sepintas ia mirip white opaque. Namun, kilauan siripnya terdapat corak biru keemasan. Plakat yang selalu tampil lincah itu dijual seharga Rp2-juta—Rp3-juta/ekor.

Plakat red dragon


Cupang yang memiliki dasi merah itu istimewa. Warna merah di tubuh solid. Dari atas kepala sampai ke arah punggung berwarna putih mutiara. Menurut Joty, hasil silangan sesama plakat copper metalik dan merah itu terlihat kontras. Ikan berumur 6 bulan dibandrol Rpl-juta—Rp2-juta per ekor.

Plakat gold


Sebutan gold menandakan tubuhnya dibalut warna kuning emas. Keistimewaan lain ekornya membentuk huruf D sempurna. Saat ngedok dasi dan sirip atasnya tegak mengembang. Jenis ini dijual seharga Rp2- juta/ekor untuk ukuran 5 cm.

Plakat blue dragon


Plakat ini bercorak biru kehitaman bercampur ungu. Menurut Andree Gunawan, nenek moyang blue dragon diduga silangan plakat blue lace dan plakat red dragon. Hasilnya disilangkan dengan sesamanya hingga diperoleh blue dragon. “Dari silangan itu bisa muncul nuansa warna lain,” ujar alumnus Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor itu. Blue dragon berumur 3 bulan dijual Rp1-juta/ekor.

Plakat black orange


Jenis black orange istimewa dalam penampilan tubuh, sirip, dan ekor. Tubuhnya hitam ditaburi totol-totol putih. Sirip berwarna jingga dengan tulang sirip hitam pudar. “Banyak yang menyukai karena dwiwarnanya elok,” ujar Joty. Plakat asal Thailand berukuran 6 cm itu dijual Rp1 – juta—Rp2-juta/ekor.

Pandu Dwilaksono