Budidaya Tani

Rahasia Semarakkan Bunga Adenium

Ingin hajatan Anda semarak dengan koleksi adenium sendiri? Inilah rahasianya: pangkas cabang dan ranting 6 sampai 8 minggu sebelum hari H. Dijamin kamboja jepang berselimut bunga itu menyemarakkan pesta.

Bila cabang dan ranting dipangkas, tunas baru terbentuk 2 sampai 3 minggu kemudian. Dari tunas yang kian lebat itu, 4 sampai 5 minggu berselang muncul bakal bunga yang mekar dalam 2 sampai 3 hari. Semua cabang dan ranting berpotensi menghasilkan bunga. Setelah pohon digunduli pemangkasan pada jenis chiang mai atau crimson star memungkinkan mereka banjir bunga. Minimal setelah pemangkasan tajuk kian lebat sehingga lebih indah dan sering berbunga. Teknik itu lazim dilakukan nurseri 6 sampai 8 minggu sebelum pameran atau lomba.

Selain mengatur pembungaan, “Pemangkasan juga dapat memutus siklus hidup hama,” papar Chandra Gunawan Hendarto, pemilik Godong Ijo Nursery. Kutu putih dan thrips yang doyan menyerang pucuk-pucuk daun adenium akan terbuang. Kalau pun tertinggal, tidak ada tempat bersarang dan meletakkan telur. Pemangkasan juga bisa memperbaiki tajuk tanaman.

Sehatkan tanaman

Gunakan pisau steril untuk memangkas

Pastikan kondisi tanaman sehat agar mampu menghasilkan banyak tunas baru. Tanaman sakit tidak punya cukup tenaga untuk menumbuhkan lebih dari 1 tunas. Akibatnya penampilan adenium jelek. Oleh karena itu, 1 -2 bulan sebelum pemangkasan tanaman dipupuk rutin.

Maksudnya agar mempunyai energi cukup untuk menumbuhkan tunas baru.

Perhatikan pula karakteristik tanaman. Setiap varietas berbeda-beda waktu berbunga sehingga waktu pemangkasan juga berlainan. Contoh, chiang mai cukup 6 minggu dipangkas sudah berbunga; crimpson star, 7 sampai 8 minggu.

Ciri tanaman sehat: daun sehat segar dan percabangan baik. Siapkan pisau steril yang telah diseka alkohol atau dibakar. Lakukan pemangkasan sekitar 5 cm dari pangkal cabang. Kalau ingin diokulasi dengan jenis lain, lakukan saat itu juga agar ujung tidak busuk dan kering. Olesi luka bekas pangkasan dengan fungisida. Letakkan tanaman di tempat yang teduh selama 1 minggu. Begitu ujung bekas pangkasan kering barulah diletakkan di luar.

Penyiraman sangat tergantung pada porositas media, biasanya campuran pasir, pupuk kandang atau kompos, dan sekam dengan perbandingan 2:1:1, disiram tiap hari tidak masalah. Sebaliknya media tidak porous sampai seperti tanah, kompos, dan sabut kelapa penyiraman 3 hari sekali.

Pupuk

Digunduli untuk buang hama sekaligus lebatkan bunga

Selama masa perawatan, berikan pupuk secukupnya. Chandra Gunawan menggunakan pupuk cair yang diteteskan langsung dimedia. Alternatif lain, berikan NPK sebulan atau tiga minggu sekali. Setelah 2 sampai 3 minggu, di bekas pangkasan terbentuk minimal 2 tunas baru.

Dengan perlakuan itu adenium berbunga tanpa henti selama 1 sampai 2 bulan. Pemangkasan adenium tidak ada batasan. Ia dipangkas sesuai selera pemilik. Namun, jangan terlalu sering. “Karena tanaman akan semakin melebar,” ujar pemilik 100 jenis adenium itu. Jadi jangan takut menggunduli koleksi Anda. Pakar-pakar adenium di Thailand berpengalaman memangkas cabang dan ranting. Hasilnya, semua berbunga lebih banyak.

Pandu Dwilaksono