Siasat Dalam Memilih Ranchu Berkelas

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Tubuh ranchu kaliko milik hobiis asal Jakarta itu berselimut lima warna mencolok. Sayangnya, ikan itu nungging hingga 90°, sehingga ia gagal meraih juara di kontes Bandung Maskoki Competition. Bentuk tubuh tidak proporsional, perut membuncit dan kepala agak kecil. Jika pemilik mempunyai pengetahuan memilih ranchu hal itu tak bakal terjadi.

Kasus gagal di kontes seringkali dialami hobiis baru. Maklum, mereka belum berpengalaman memilih ranchu berkualitas. Penjual khusus ranchu kualitas kontes pun relatif jarang. Oleh karena itu hobiis harus mencermati sendiri kualitas ikan sebelum menjatuhkan pada pilihannya. “Kalau perlu ditongkrongi 2 sampai 3 hari sebelum dibeli,” kata Tonny Tjandra dari Ben’s / nuarium.

Bacaan Lainnya

Cara itu dilakukan Pohin, hobiis di Kelapagading, Jakarta Utara. Kolektor ikan itu harus rela setiap pagi hingga sore menyambangi salah satu ruang pamer di Jelambar, Jakarta Barat. Hasilnya, black ranchu yang dipilihnya berhasil meraih grand champion di Bandung

Alternatif lain dengan membeli ranchu juara. Sosoknya sudah jelas-jelas memenuhi kriteria kontes. Namun, untuk mendapatkan ikan seperti itu tentu saja butuh dana besar. Bagi Ever Tagoli, hobiis di Bandung, Jawa Barat, hal itu bukan masalah. Begitu pemilik grand champion menawarkan Rp15-juta untuk seekor ranchu ia langsung menyanggupinya. Ketika diikutkan di Fishlook 2003 di Plaza Gajahmada, Jakarta Pusat, Oktober 2003, gelar ranchu senior direngkuh ikan asal Cina itu.

Syarat pokok

Memilih ranchu kualitas kontes butuh ketelitian. Detail ikan mulai dari kepala, tubuh, hingga ekor perlu dicermati. “Perlu pengetahuan dan pengalaman,” kata Ever seusai kontes.

Di Indonesia ada 2 tipe ranchu berdasarkan cara menikmati keindahannya, side view dan top view. Kriteria penilaian kedua ikan itu berbeda. Bobot penilaian side view dilihat dari samping sehingga kepala, tubuh, dan ekor lebih tinggi. Berbeda dengan top view yang menilai keseimbangan tubuh, ekor, dan corak warna.

Bentuk tubuh dan kepala ranchu side view dinilai 25%; top view, 40%. Pilih ikan dengan bentuk kepala membulat dan ukuran besar. Tonjolan lemak pada kepala menyebar rata. Jambul di pipi tebal merata sampai ke atas kepala dan muka hingga menjorok ke mulut. “Bentuk kepala harus mirip kepala naga,” ujar pendekor akuarium itu.

Ranchu kualitas kontes harus bersosok gemuk dan terkesan kuat. Cirinya, tubuh bulat gempal berpunggung lebar. Terlalu kurus atau gemuk membuat ranchu kurang proporsional. Panjang tubuh ikan dewasa yang ideal 10 sampai 15 cm. “Kalau tubuh terlalu pendek justru memberikan kesan gendut,” katanya.

Punggung juga menjadi penilaian penting. Kalau dilihat dari samping, punggung tampak bungkuk mirip busur panah yang melengkung. Ever menyarankan untuk memilih ikan berpunggung yang tidak terlihat benjolan lemak.

Untuk melihat kesempurnaan punggung teknik Fatono Wiradja, hobiis di Bintaro, Jakarta patut dicontoh. Caranya, masukkan ranchu berukuran 5 cm ke dalam gelas berdiameter 7,5 cm. Sebelumnya gelas diisi air setinggi 2/3 volume gelas. “Dengan cara itu punggung ranchu akan terlihat melengkung sempurna atau tidak,” jelasnya.

Pangkal ekornya juga perlu perhatian. Ia harus tampak mengerucut. Kalau dilihat secara detail dari samping sirip akan menempel pada ujung pangkal ekor.

Bentuk Kepala  Dan Tubuh Yang Seimbang

Pemilihan ranchu top view lain lagi. Bentuk kepala dan tubuhnya harus seimbang. Menurut Harsono kepala yang tidak seimbang menyebabkan penampilan ranchu kurang proporsional. Untuk menilainya cukup mudah. Tarik garis melintang yang membagi kedua tubuh.

Kepala ranchu yang bagus bulat dan besar. Tonjolan kepala berupa lemak menyebar merata. Kalau diamati akan membentuk huruf U. Punggung pun harus melengkung sempurna. “Bila perlu lihatlah dari samping untuk menilai kualitas punggung,” katanya.

Pangkal ekor merupakan kelanjutan dari punggung. Ranchu top view yang baik memiliki pangkal ekor besar dan kokoh lalu mengecil dan berbentuk persegi di ujung. Posisi ekor menempel di pangkal ekor. “Ketika mengembang sempurna terlihat maju beberapa sentimeter dari pangkal,” ungkapnya.

Kokoh dan kuat

Sirip side view dan top view berbeda. Makanya standar penilannya pun tidak sama, ranchu side view 15%; top view 40%. Ekor ranchu side view harus berdiri, tegak membentuk sudut 70°. Harsono menyarankan untuk mencermati ujung ekor. Upayakan ujungnya sejajar dengan punggung. Panjang ekor juga tak luput dari perhatian. Pilihlah yang mempunyai perbandingan tubuh dan ekor 3:1.

Syarat lain, jumlah tulang pada sirip lengkap, teratur rapi, dan sejajar. Jangan sampai ada sobek atau salah satu tulang patah. Itu bisa dilihat saat sirip mengembang sempurna. Warna sirip juga cerah dan tajam. “Saat berenang ekor terlihat indah dan seimbang,” ucapnya.

Ekor ranchu top view dinilai tinggi jika saat mekar ekor tampak seimbang antara kanan dan kiri. Ia harus terlihat seperti sayap kupu-kupu. Syarat lain ekor tidak patah, keriput, melintir, atau sobek.

Selain postur tubuh, ranchu yang sehat sangat menentukan kemenangan di kontes. Ia dinilai 10%, termasuk penilaian mental. Ranchu sehat dapat dilihat dari sisik lengkap, warna cerah, tajam, dan mengkilap. Sementara mental ikan dapat diamati perilakunya. “Ranchu yang sering mojok pertanda mengalami gangguan,” ujarnya.

Gaya berenang sebenarnya ditentukan dari kesehatan dan mental. Namun, dalam standar penilaian side view, ia dinilai 10%. Jadi, meskipun kecil sebaiknya gaya renang jangan dianggap remeh. Gerakan ranchu yang bagus lemah gemulai. Goyangan ekor teratur ke kanan dan ke kiri bak penari latar dangdut.

Pos terkait