Strain Terbaru dari Negri Tirai Bambu

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Chocolate oranda red pompom

Lucu dan menggemaskan. Itulah kesan pertama Kami saat menyaksikan segerombolan chocolate oranda red pompom berenang di gerai Wang Xu Xia. Sekujur tubuh ikan tampak cokelat. Lambaian ekor kemerahan berujung transparan.

Uniknya, jenis ini memiliki 2 tonjolan seperti kantung menempel berwarna lembayung. Tonjolan itu seolah-olah menutupi mata dan saat ikan bergerak ia tampak berkibar-kibar.

Bacaan Lainnya

Di RRC, chocolate oranda red pompom itu dapat ditemui di farm maskoki, sentra perdagangan ikan hias, Fang Cun, dan di Taman Jinlin. Di Jakarta, pendatang baru itu bisa disaksikan di sebuah gerai lou han Ciledug, Tangerang dan sebuah toko maskoki di Plaza Maspion, Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Chocolate oranda red pompom berukuran 12—13 cm memang mampu menarik perhatian pengunjung. Sosoknya yang impresif membuat maskoki itu sanggup bersaing dengan lou han yang ada disekitamya. Demikian pula black white teleskop.

Perpaduan corak natural hitam dan putih membuat ia sangat elegan. Mata pun enggan berkedip saat kerabat ikan mas itu berlenggak-lenggok di akuarium.

Harga maskoki anyar itu memang tidak selangit seperti lou han. Namun angka nominalnya tetap jutaan rupiah. Ada 6 strain maskoki baru lagi yang bakal membanjiri gerai ikan hias tanah air.

Kaliko mata balon

Kaliko mata balon

Kelompok ini pernah tenar di dekade 1980-an. Kaliko mata balon bercorak pancawarna: hitam, merah, kuning, oranye, dan putih. Cassius auratus ini termasuk favorit di Cina lantaran ia tampak eksotik dengan kibasan ekor hitam bersemburat putih.

Kaliko mutiara

Di Indonesia, jenis mutiara diakui paling digemari. Selama ini ia dikenal bercorak merah dan putih. Corak itu kini bertambah dengan campuran hitam, biru, dan oranye.

Mutiara kepala besar

Mutiara mata besar

Memiliki kepala menonjol mirip lionhead. Namun tonjolan itu sedikit agak besar. Dari depan terlihat seperti 2 butir kelereng yang mengayut di kepala. Tonjolan itu bercorak kemerahan dengan pola warna tubuh seperti jenis mutiara lain, merah dan putih.

Kaliko tossa

Kaliko tossa

Corak warna serupa benar kaliko mata balon. Namun pada beberapa kerabat Cyprinus ini muncul bulatan corak merah di kepala. Hitam begitu dominan di ekor yang menjuntai.

Chocolate oranda red pompom

Sekujur tubuh tampak cokelat. Lambaian ekor kemerahan berujung transparan. Uniknya, jenis ini memiliki 2 tonjolan seperti kantung menempel berwarna lembayung. Tonjolan itu seolah-olah menutupi mata dan saat ikan bergerak ia tampak berkibar-kibar.

Red white teleskop

Red white teleskop

Sebutan teleskop melekat lantaran kedua mata menonjol keluar seperti teleskop. Jenis ini lebih banyak didominasi oleh putih. Sekujur tubuh putih mengkilat. Warna merah hanya didapati di sirip dayung dan di mata. Pada ekor yang transparan didapati sedikit garis-garis hitam.

Black white teleskop

Black white teleskop

Sekujur tubuh didominasi hitam. Warna putih muncul ditengah-tengah tubuh membujur dari atas ke bawah. Pada beberapa ikan corak putih itu didapati melebar hingga ekor dan sirip atas.

Pos terkait