Sentra Produksi Camilan Olahan Durian Thailand

Rumah Wanee Boonsawad di Kabupaten Thamai, Provinsi Chantaburi, ibarat potret keperkasaan Thailand di bidang diversifikasi pertanian. Betapa tidak, durian mentah yang di pelosok desa di Jawa Barat dimakan untuk teman makan nasi, di sana justru diolah menjadi berbagai produk camilan durian seperti keripik, dodol, tepung, dan semprong durian. Wanee dan rekan-rekannya semua ibu rumah tangga kemudian mengekspor kreasi mereka ke Hongkong, Cina, dan Eropa.

Jangan membayangkan tempat Wanee dan kawan-kawannya seperti pabrik-pabrik besar yang lengkap dengan beragam mesin canggih dan pegawai ratusan orang.

Lanjutkan membaca

Potensi Pembudidayaan Kayu Gaharu di Kawasan Timur Indonesia

Populasi Kayu Gaharu di alam menipis lantaran eksploitasi berlebihan. Pria separuh baya itu cukup memanen gubal di halaman rumah. Di sana ia menanam puluhan Kayu Gaharu Delapan pohon di antaranya berumur 4 tahun dan siap disuntik cendawan.

Dorem Yoku di Dusun Hena, Flavo, Kecamatan Sentani Tengah, juga menanam gaharu di halaman rumah. Setidaknya 50 pohon gaharu beringin Aquilaria filaria tumbuh di sekeliling halaman rumah pria 42 tahun itu. “Semula hanya ditanam 3 bibit cabutan bibit yang tumbuh alami dari buah yang jatuh dari hutan di lereng Gunung Siklop,” papar Dorem Yoku.

Lanjutkan membaca

Pertanian Aeroponik Dengan Greenhouse

Pria perlente itu baru saja meneken kerja sama pengolahan limbah dengan sebuah pabrik aluminium di Ngoro Industrial Park, Pasuruan. Walau hari masih siang, Allen Hartono, nama pria itu, tak langsung ke kantor di Surabaya. Ia malahan mengarahkan mobil ke Trawas, Mojokerto. Di sana, setelah melepas sepatu ia asyik-masyuk di greenhouse. Beberapa selada mengering yang ditanam 2 hari lalu disulamnya.

Meski mengenakan pakaian kerja ia tak canggung berkebun. Paling baju lengan panjangnya digulung sebatas siku.

Lanjutkan membaca

Serangan Virus kuning Pada Tanaman Cabai

Senyum kecut menghiasi bibir Marsudi pada pertengahan 2002. Betapa tidak, 30 ha cabai luluh-lantak diterjang virus kuning keriting. Produktivitas menurun, modal pun tak kembali. “Kerugian saat ini sudah sekitar Rp200-juta,” tutur pekebun di Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang itu.

Marsudi tidak sendirian mengalami nestapa itu. Banyak pekebun di desa sekitarnya seperti di kecamatan Mungkid, Sawangan, dan Muntilan ikut terkena. Walau jumlah tanaman terinfeksi sedikit, tetapi rata-rata 25% dari total tanaman terpapar virus kuning kering itu.

Lanjutkan membaca

3 Jenis Kayumanis Unggulan Sebagai Komoditi Ekspor

Sepuluh tahun menanti Mahmud, pekebun kayumanis di Kabupaten Kerinci, Jambi, dapat mengupas 3—5 kg kulit kering Cinnamomum sp. Sayang harganya cuma Rp3.000/kg kering. Setelah itu ia harus sabar menunggu 6 tahun lagi. Pekebun kayumanis merasa getir, meski tiga jenis selalu diminta pasar.

Kulit kayumanis yang diambil Mahmud itu kelak disuling menjadi minyak kayumanis. Selain kulit, ranting, dan daun juga bisa dijadikan bahan baku penyulingan. Di kulit batang C. Zcylanicum kandungan sinnamaldehida komponen utama minyak asiri cukup tinggi 2,21%.

Lanjutkan membaca

Tabulampot pohon apel india

Dua orang yang bertamu itu berdiri tegak di beranda sebuah rumah di Wologito, Semarang Barat. Pandangan mata mereka diarahkan ke apel india tabulampot setinggi 1 m yang digelayuti 40-an buah. Sosok tanaman berjuluk indian plum itu selalu mengundang rasa ingin tahu. “Saya bilang saja apel india karena cabangnya meliuk seperti tarian india,” kata Maya, sang tuan rumah.

Buah seukuran telur ayam kampung itu berwarna kuning pucat. Buah menyebar di seluruh cabang pohon. Rasanya manis kesat dan renyah.

Lanjutkan membaca

Durian kerantungan Dari Samarinda

Cobalah Durian kerantungan asal hutan-hutan di seputar Tarakan, Kalimantan Timur. Aroma tak menyengat, daging bertekstur lembut, manis, dan tak membuat enek. “Makan 5 buah pun tak akan mabuk,” tutur Gregori Hambali, kolektor di Bogor. Yang tak kalah enak durian tarian berdaging merah.

Kami pertama kali mencicipi kerantongan saat berkunjung ke Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Hutan-hutan di Kalimantan, Sumatera, dan semenanjung Malaysia memang habitat Durio oxleyanus itu.

Lanjutkan membaca

Jalan Jalan Di Pandeglang Surga para Penikmat Durian

“Ini durian pandeglang, dijamin manis,” tutur seorang pedagang di salah satu sudut Pasar Parung, Bogor. Tanpa ragu ia buka sedikit kulit buah, lantas menyodorkan secuil daging untuk budidayatani. Hm…sipedagang memang tak bohong. Rasa manis legit langsung menggoyang lidah. Supaya lebih puas, yuk telusuri langsung ke sentra durian di Pandeglang.

Memasuki Kabupaten Pandeglang dari arah Serang terlihat deretan pedagang durian di kiri kanan jalan. Buah ditata di kios-kios sederhana atau cukup ditumpuk di pinggir-pinggir jalan.

Lanjutkan membaca

Anggur Salak Rasa Tapai Ketan Dari Bali

Bila sekali waktu Anda datang ke sentra penanaman salak di Desa Telagae, Karangasem, Bali, cobalah tengok ke toko-toko penjaja oleh-oleh khas setempat. Di situ tersedia botol-botol transparan berisi larutan bening. Anda Yang tak meminum alkohol, hati-hati. Itu anggur hasil fermentasi salak bali. Tetap penasaran ingin mencicipi? “Rasanya seperti tapai ketan,” tutur I Wayan Putu Ardika, ketua Kelompok Tani Mekarsari.

Kelompok tani anggota Kelompok Usaha Bersama Lestari itu salah satu penghasil wine asal buah Salacca zalacca.

Lanjutkan membaca

Ayam aduan super dari Filipina

ayam aduan super asal negeri gajah putih, Thailand bakal punya pesaing. Di arena kini muncul american emas dan texas dari Filipina. Kedigdayaannya sudah terbukti di berbagai gelanggang

Di samping gagah, kedua ayam jagoan itu bernyali besar. Jarang ayam adu lain yang bisa melawannya. Di Sangir, Sulawesi Utara, pemilik jagoan baru itu harus lihai memegang ayam saat mau diadu. Pasalnya, kedua ayam itu mudah dikenali dari sayapnya. Bila ketahuan american emas atau texas,

Lanjutkan membaca