Tanaman Hias Cantik Hasil Mutasi Genetika Dari Thailand

Philodendron istimewa itu diperoleh Anshori . Pemilik Zikita Nursery di Pondoklabu, Jakarta Selatan, itu mendapatkan filonya sebutan philodendron dari Thanachai Charusom yang berkunjung ke Indonesia. Kolektor tanaman hias di Bangkok itu membawa filo kecil berdaun tiga lembar. Saat itu keistimewaannya belum menonjol, tetapi Anshori berani membayar Rp5-juta. Ia menilai prospek filo itu sangat baik karena berdaun variegata.

Perkiraan Anshori ternyata benar. Penampilan kerabat Araceae itu kian cantik. Bagian daun berwarna putih semakin lebar sehingga seimbang dengan yang hijau.

Lanjutkan membaca

Surga Tanaman Hias Di Negri Siam

Dalam hitungan menit, beragam tanaman itu berpindah kepemilikan. Namun, itu belum cukup. Kaki-kaki para hobiis tanaman hias kawakan dari Indonesia itu kemudian melangkah memasuki anjungan lain di lokasi pameran seluas lapangan bola. Lagi-lagi beragam jenis teranyar jatuh dalam genggaman. Ekshibisi akbar setiap akhir November dalam rangka memperingati ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej itu memang kesohor sebagai surga untuk mendapat jenis-jenis paling gres.

Tak puas dengan hasil perburuan di Suang Luang, Chandra Gunawan melanjutkan perjalanan menyambangi nurseri milik Thanachai Charusom.

Lanjutkan membaca

Tanaman aglaonema Penghias Taman Dan Pekarangan Rumah

Enam tanaman aglaonema berbagai jenis menghiasi jendela dapur rumah Ny. Alun di Kebonjeruk, Jakarta Barat. Paling menonjol varietas berdaun merah asal Bangkok setinggi 30 cm dan berdaun 10 lembar. Pasaran aglaonema teranyar itu minimal Rp7,5-juta. Puluhan aglaonema dikoleksi sejak 1993. Semua tampil prima: bongsor, cmakan banyak, dan daun mengkilap.

Puluhan jenis tanaman lain dikoleksi pula seperti 50 jenis kembang sepatu dan 80 varietas adenium. Hobiis itu juga mengumpulkan palem, anggrek,

Lanjutkan membaca

anggrek oncidium Lidah Tiga Koleksi Hobiis Anggrek Dari Salatiga

Ada keindahan di balik bentuk menyimpang. Itu berlaku bagi anggrek oncidium koleksi Lila Natasaputra, penganggrek di Kotamadya Salatiga, Jawa Tengah. Lazimnya anggrek asal Karibia itu memang berlidah tunggal, tetapi kedua sepal oncidium Lila membesar sehingga seolah berlidah tiga.

Hobiis dari Taiwan yang bertandang ke kota di lereng Merbabu itu langsung jatuh hati melihat sosok anggrek oncidium itu. Harga berapa pun bukan masalah. Sedangkan penggemar lokal berani menawar Rp500.000 per pot terdiri atas 3 bulb.

Lanjutkan membaca

Perawatan Sarracenia Agar Selalu Tampil Prima

Sarracenia sehat menyantap serangga lebih banyak dibandingkan yang sakit. Itu karena dalam kondisi prima daun sarracenia berwarna mencolok dan menghasilkan nektar. Sementara yang sakit, daun dominan hijau dan tak memproduksi nektar.

Warna yang mencolok dan aroma kelenjar nektar yang harum menjadi daya tarik sarracenia. Serangga seperti rayap, kumbang, nyamuk, dan lebah datang mendekat karena warna dan aroma mencolok. Setiap jenis sarracenia memiliki warna daun beragam. Ada yang hijau,

Lanjutkan membaca

Tips Mempersiapkan batu untuk bonsai

Andi memanfaatkan batu-batu itu untuk kreasi bonsai dan suiseki. Lalu ketika adenium tren pada 2000-an ia juga menggunakan batu sebagai ornamennya. Kini giliran lidah mertua yang dipadukan dengan batu agar terlihat lebih cantik.

Saat budidayatani bertandang ke kebunnya di Desa Krician, Kabupaten Karanganyar, tampak S. trifasciata ‘bantel’s sensation berdiri anggun di tengah-tengah sebongkah batu berwarna cokelat muda berdiametar 15 cm. S. trifasciata hahnii ‘jade’ pun “ditumbuhkan” di atas batu dan ditempatkan dalam pot keramik bermedia pasir malang dan arang sekam.

Lanjutkan membaca

Ciri Ciri Dan Karakteristik Umum Pada Tanaman Neoregelia

Lima tanaman hias nan cantik dari keluarga nanas-nanasan itu memang mirip. “Sulit membedakannya, pertumbuhan daun mirip nanas. Namun, sosoknya cantik karena daun berwarna,” kata Lanny Lingga, praktikus tanaman hias di Cipanas, Bogor. Ciri khas neoregelia ialah tangki air yang terletak di tengah-tengah tanaman. Tepatnya, di celah di antara 2 daun terakhir yang tumbuh.

Tangki air itu berfungsi sebagai pemasok air dan hara bagi neoregelia. Itu karena tangki air berhubungan langsung dengan batang.

Lanjutkan membaca

Ide Kreatif Percantik Taman Dengan Neoregelia

Neoregelia sebagai penghias meja memang cantik. “Warnanya menarik dan mencolok. Apalagi sosok daun roset meski tanaman kecil,” kata Nita Widyawati, pegawai bank pemerintah di Bogor, yang kerap memasok tanaman hias ke bank dan hotel. Itu berbeda dengan tanaman hias indoor lain seperti aglaonema dan philodendron yang bentuknya roset saat berukuran besar. Dua tanaman yang disebut terakhir lebih lazim sebagai penghias di pojok ruangan.

Menurut Nita, sebagai tanaman meja, neoregelia yang dipilih mesti selektif.

Lanjutkan membaca

Sulap Pekarangan Rumah Menjadi Indah Dan Hijau Dengan Taman teduh

Dua puluh pot phalenopsis berbunga putih digantungkan di sebatang kayu-kayuan berbahan beton di salah satu sudut rumah kaca di Kebun Raya Bogor. Untaian W-20 kuntum per tangkai yang keluar dari masing-masing pot membuat pohon jadi-jadian itu terlihat semarak. Di sudut lain dendrobium berbunga kuning menyala yang ditata serupa. Penampilan bunga nan prima mengundang decak kagum pengunjung yang datang.

Pemandangan di rumah kaca seluas 700 m2 kian marak dengan puluhan pot vanda yang dijajarkan di dinding beranda atas.

Lanjutkan membaca

Bambu Rezeki Sebagai Hiasan Untuk Memperindah Ruangan

Bagi sebagian perempuan, spiral alternatif terbaik untuk mencegah kehamilan. Namun buat Ukar, spiral berarti duit. Dengan membuat bambu rejeki berbentuk spiral, pria kelahiran Sukabumi itu menjual Dracaena sanderiana sampai ke Amerika Serikat.

Kreasi ketua Paguyuban Pengrajin Suji Sukabumi memang sangat unik. Dari kejauhan, rangkaian dracaena berbatang meliuk-liuk itu seperti pohon cemara. Begitu didekati, spiral itu terlihat bak sekelompok ular kobra India sedang menari ketika mendengar irama seruling. Penampilannya kian menarik di atas pot keramik khas Cina.

Lanjutkan membaca