Teknik Memancing Walet Menggunakan CD Rekaman Suara Walet Birahi

Teknik memanggil walet dengan suara sebuah keniscayaan. Berbagai suara rekaman, mulai dari walet kawin, birahi atau bercumbu diperdengarkan. “Suara harus dibunyikan setiap hari. Apabila listrik mati, maka segera diganti genset atau accu. Bila tidak ada suara, walet tidak mau datang,” kata Daniel Chandra, peternak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Di ketapang, Kalimantan Barat, suara rekaman itu diaktifkan sejak pukul 06.00—19.00. Volume suara ada yang keras dan sedang. Bahkan ada rumah yang memasang tweeter hingga 4 buah dengan volume sangat keras.

Lanjutkan membaca

Harga Indukan Perkutut Mahal, Hobiis Siasati Dengan Arisan Perkutut

Suara riuh terdengar dari sekumpulan pria. Lapaknya ibu-ibu arisan, dengan perasaan was-was mereka menunggu sepotong sedotan keluar dari kocokan. Kegembiraan segera menyeruak di hati Eko Sulistiyo ketika secarik kertas bertuliskan namanya muncul. Ia akan memiliki seekor piyik perkutut dari induk jantan winner C.7 dan betina winner C.23

Itulah kenangan Eko, kung mania di Jakarta pada akhir 2018 silam. Sebelumnya ia membeli sepasang induk itu bersama 14 orang temannya seharga Rp7.500.000. “Saya tidak mampu membeli induk semahal itu sendiri,

Lanjutkan membaca

Usaha Pembiakan Merpati Balap Modal Kecil

Maraknya lomba merpati balap pinggiran membawa berkah bagi Jonny, hobiis di Bekasi. Hanya dengan 6 pasang induk, ia mampu melepas 5 — 10 piyik sebulan. Dengan harga Rp 500.000 – Rp 1 juta/ekor, omzet peternakannya di bilangan Harapan Jaya Bekasi itu mencapai Rp 5-juta/bulan.

Yang dimaksud merpati pinggiran adalah merpati kelas menengah ke bawah. Sejak 2 tahun lomba-lomba semacam itu kian sering digelar. Dampaknya permintaan burung pun meningkat. Oleh karena itu banyak penangkar yang menuai laba.

Lanjutkan membaca

Analisis Untung Rugi Alih Fungsi Ruko Sebagai Sarang Walet

Pukul 15.00 di kawasan Hok Tong, Jambi. Di langit nan biru tiba-tiba berkelebat ribuan walet. Mereka beterbangan di atas sebuah bangunan tua. Di situlah burung penghasil sarang mahal itu beranak-pinak hingga berkembang ke penjuru kota yang terkenal dengan Sungai Batangharinya. Potensi yang patut dilirik untuk pengembangan sentra baru.

Bangunan 2 tingkat itu berbentuk rumah adat khas Jambi. Dinding terbuat dari bilah kayu yang tersusun rapi secara vertikal. Ukiran kayu “melekat” di dinding sebagai penghias rumah.

Lanjutkan membaca

Gandakan Keuntungan Dengan Antrektomi Udang Galah

Udang galah betina menghasilkan 10.000 – 20.000 telur tiap memijah. Setelah menetas, “Sekitar 25 – 50% berkelamin betina,” ujar Dr Fauzan Ali, peneliti di Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Limnologi LIPI), Cibinong, Bogor. Itu berdasarkan pengalamannya 3 tahun meneliti Macrobrachium rosenbergii. Sekarang, udang galah bisa menghasilkan 100% jantan.

Jantan galah lebih disukai peternak. Maklum, ia lebih cepat besar ketimbang betina. “Dari bibit ukuran 3—7 cm, jantan mencapai ukuran 15 cm bobot 25 g dalam 2—2,5 bulan.

Lanjutkan membaca

Serangan Virus Pada Pembiakan Ayam Serama

Senyum tak lepas di bibir Januar Budi Dharma ketika melihat kutuk serama berumur 2 bulan berjalan ke sana ke mari mengekor sang induk. Baginya ayam asal Kelantan, Malaysia, itu menjadi hiburan setiap akhir pekan. Sayang, ayam mungil itu tidak lagi didatangkan dari negara asalnya sejak avian influenza (Al) mendera Indonesia pada September 2003.

Sebelumnya, setiap berkunjung ke Kelantan, Januar dengan mudah menenteng 2—3 serama. Dua jawara kontes dari Negeri Gajah Putih juga dibeli seharga Rp 15-juta/ekor untuk menambah koleksi.

Lanjutkan membaca

Budidaya Lobster Di Lahan Sempit Dengan Botol Air Mineral Bekas

“Ya ampun… kok bisa ya?” ujar para peserta pertemuan rutin Hipelobsi (Himpunan Peternak Lobster Air Tawar Seluruh Indonesia). Mereka terpana ketika Gurhadi mengeluarkan serangkaian botol plastik minuman terpaku pada sebilah kayu tipis. Setiap botol dihuni seekor lobster berukuran 2—6 cm. Mereka bagai memiliki kamar pribadi.

Wajar bila mereka terheran-heran. Lobster air tawar umumnya dibesarkan di akuarium atau bak semen. Namun tidak di tempat Gurhadi mereka di masukan ke botol plastik kemasan air minum.

Lanjutkan membaca

Kisah Sukses Para Pebisnis Ikan Koi Lokal

Dentangan jam dinding sebanyak 6 kali membangunkan Danny Adrianto dari lelap tidur. Bergegas ia menuju kolam mungil di samping rumah. Kedua bola mata bos karoseri Kijang itu tak puas-puasnya menatap ke arah kolam. 

Di sana puluhan kohaku, showa, dan tancho—semua produksi lokal—berukuran 40 — 60 cm meliuk menebar pesona. Sembari mengamati satu per satu koi kesayangan, sesekali tangannya menebar pelet.

Liukan koi lokal nan mempesona sudah dinikmati Danny sejak 2,5 tahun lalu.

Lanjutkan membaca

Langkah Memasang Chip Pada Ikan Arwana Asia

Siang itu Arif Gautama, hobiis di Daan Mogot, Jakarta Barat, sibuk mengecek 29 Mikrochip dengan reader—alat pembaca Mikrochip. Satu per satu nomor pang tertera di layar reader dicocokkan dengan sertifikat. Empat botol obat bius berjejer di meja. Di sampingnya terdapat alat penyuntik, Mikrochip, dan reader.

Mikrochip Untuk Ikan Arwana terbuat dari plastik berbentuk silender dengan panjang 1 cm. Di dalamnya terdapat kumparan kawat, magnet, dan angka-angka yang hanya terbaca dengan bantuan reader.

Lanjutkan membaca

Prospek Bisnis Menguntungkan Eksport Ikan Hias

Di penghujung April musim botia telah lewat. Namun, setiap siang di Tanjungpinang, Jambi kesibukan mengemas ikan hias terus berdenyut. Sekitar 200 ekor berukuran 1,5 inci dimasukkan ke kantong plastik yang telah diberi air. Itulah kegiatan lndomina Aquarium setiap hari demi memenuhi permintaan 12 ekportir di Jakarta.

Usia pengemasan, pukul 15.00 waktu setempat botia dikirim ke Jakarta. Satu setengah jam berselang bajubang—sebutan botia di Jambi—tiba di Jakarta. Oleh para eksportir ikan hias bertubuh loreng itu langsung diekspor ke mancanegara.

Lanjutkan membaca