Undang kupu kupu dengan buddleia butterfly bush

Kupu-kupu yang lucu Ke mana engkau terbang Hilir mudik mencari Bunga-bunga yang mekar Berayun-ayun Pada tangkai yang lemah Tidakkah sayapmu merasa lelah.

Syair lagu di atas pasti dikenal masyarakat Indonesia dari balita hingga orang dewasa. Lagu ini amat pantas dilantunkan mana kala di taman, dihadirkan buddleia (baca: badleya).

Tanaman semak itu amat digemari kupu-kupu. Sehingga, setiap ada pohon badleya, pasti di situ ada kupu-kupu. Wajarlah bila ia bernama butterfly bush, semak kupu-kupu. Namun karena bunganya yang merah ungu mekar pada musim panas, di daerah subtropis ia digelari summer lilac.

Buddleia sangat disukai kupu kupu

Pohon badleya tidak hanya disukai kupu-kupu. Bagi pemilik taman kehadiran tanaman ini cukup menarik. Bunganya indah, tersusun oleh ratusan bunga-bunga mungil, 0,5cm.

Susunannya membentuk piramida sepanjang 5cm sampai 20cm. Bunga akan mekar dari bawah ke atas. Bunga-bunga itu tumbuh menjuntai.

Tatkala kupu-kupu menghinggapinya, bunga dan kupu-kupu pun berayun-ayun. Kayunya memang ringkih, tapi tak mudah patah. Tanaman bersemak ini tingginya 10cm sampai 150cm.

Meski berasal dari daerah subtropis, ia bisa tumbuh baik di Indonesia. Benara Nurseri mendatangkannya dari Australia pada 1999.

Menurut Anggia Murni Soetomo, manager pemasaran, tanaman ini cukup menarik ditampilkan di taman. Kehadirannya bisa menjadi pilihan bila ingin menampilkan taman bunga.

Bunga muncul terus-menerus, termasuk pada musim hujan, meski lebih sedikit. Ada 5 warna pilihan, ungu tua, ungu, ungu muda, pink, dan putih.

Tanaman Yang Mudah dirawat

Tanaman ini termasuk bandel pertumbuhannya. Asalkan drainase baik, ia akan rajin menampilkan bunga-bunganya. Badleya, (terutama jenis putih), kurang kuat bila air merendam akarnya.

Secara alamiah tanaman semak ini kurang lebat daunnya. Untuk itu harus sering dipangkas. Caranya gampang, himpun percabangannya ke atas, lantas pangkas sekaligus.

Cabang itu dipangkas saat masih muda. Ini akan membuat cabang lebih lebat. Agar senantiasa tampil segar, bunga yang kering dibuang

Idealnya tanaman ini ditanam secara grouping. Sehingga, sosoknya jadi tampak lebat. Lantas di bawahnya ditanam ground cover sehingga timbul kombinasi menarik.

Karena tumbuhnya bersemak dan agak lembut, di bawahnya dihadirkan tanaman kucai, yang bersifat “tegas”. Hindari pemakaian tanaman yang lebih tinggi dari 30cm agar tidak bersaing dengan badleya.

Halaman terakhir diperbaharui pada 24 November 2021

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.