Uniknya Adenium Kalau Dibonsai

Bentuk bonsai menjadi daya tarik adenium. Kesan rimbun bunga muncul lantaran batangnya pendek-pendek. Toh, ada juga yang “menciptakan” adenium berbatang tinggi. Tiap nurseri memiliki ciri khas untuk membentuk kamboja jepang.

Membentuk adenium tergantung selera. Jika kurang sreg dengan bentuk yang ada pembeli dapat memoles sendiri. Caranya dengan memangkas atau menyambung. Sebelum dipangkas pastikan tanaman sehat dan cukup penyinaran. “Pada tanaman sakit luka bekas sayatan sulit menutup dan cepat busuk,” ujar Chandra Gunawan Hendarto pemilik Godong Ijo nurseri.

Ciri tanaman sehat akar mencengkeram media saat batang diangkat. Oleh karena itu 1 sampai 2 minggu sebelum dibentuk beri NPK, dosis 1 sendok makan. Batang bawah disesuaikan modelnya. Jika menginginkan bentuk bonsai pilih bonggol besar dan banyak cabang. Tua atau muda tak jadi soal.

Bongkar pasang

Cabang rebah, harga mahal

Idealnya bentuk bonggol segitiga. Jadi, perbandingan antara bonggol bawah dan tanaman atas tampak serasi. Bonggol bentuk segitiga diperoleh dari biji. Hasil setek berbentuk lurus, kurang cantik untuk batang bawah.

Pada model bonsai, cabang bawah melebar kemudian menyempit ke atas. Cabang seperti itu sulit ditemukan lantaran kamboja jepang cenderung tumbuh menjulang menantang matahari. Hal tersebut diatasi dengan cara cabang dililiti kawat sehingga tumbuh vertikal.

Warna bunga tanaman sambungan bebas. Toh. bila bosan dapat dibongkar pasang. Dalam satu tanaman bisa dipasang lebih dari satu warna bunga. Syaratnya karakter harus sama. Misal, daun lebar dipasangkan berdaun lebar juga.

Teknik sambung

Lurus menjulang menantang matahari

Meski tidak rumit, menyambung adenium membutuhkan ketelitian. Cabang bawah tumbuh pada 1/3 tinggi bonggol. Misal, jika tinggi bonggol 120 cm, maka cabang dasar pada ketinggian 40 cm. Tidak ada aturan baku kemiringan. Namun, biasanya Fransciscus Kusdianto pemilik Gama Cactus Garden memotong dengan sudut 30°C sampai 45°C. Pengerjaan dilakukan dari bawah terus ke puncak.

Teknik penyambungan disesuaikan bentuk bonggol. Bentuk segitiga dikerjakan dengan saddle grafting atau bentuk huruf V. Cara ini lebih mudah dan cepat, asal ada titik tumbuh dapat dipasangi. Batang bawah dan tanaman penyambung diiris 1 sampai 3 cm membentuk huruf V. Setelah terpasang ikat dan bungkus plastik.

Sambungan menyatu 2 minggu kemudian. Jika bekas sambungan membengkak berarti berhasil.

Teknik sisipan paling cocok untuk bonggol lurus. Potong batang, tempel sambungan di sekelilingnya. Ikat tempelan tidak perlu dibungkus. Sebulan kemudian ikatan dibuka. Dengan teknik ini percabangan tumbuh lebih cepat dan banyak.

Yang dipermak tidak hanya bonggol dan tanaman atas. Akar juga bisa dikepang atau dipilin. Caranya, tempatkan adenium pada drum. Jika akar telah memanjang cabut dan layukan 1 sampai 2 hari. Setelah itu akar pilin. “Harga bonggol akar terkepang mencapai 2 kali lipat. Bentuk menjuntai bisa 3 kali lipat. Padahal, bentuk rebah itu tidak disengaja, tapi karena tertendang dan tumbuh mengarah matahari,” ungkap Chandra.