Rabu, 10 Juli 2019

Nanas Obelum: Buah Endemik yang Membuat Wamena Bersinar

Keunikan dan Keistimewaan Nanas Obelum

Kisah tentang nanas obelum, sebuah buah eksotis dari Wamena, Papua, memikat hati para pecinta kuliner dan petani buah. Meski nama "obelum" mungkin belum dikenal luas, tetapi keistimewaan buah kuning cerah ini tidak dapat disangkal. Dalam pandangan pertama, buah ini mungkin terlihat lebih kecil daripada jenis nanas lainnya, namun ukurannya tidak menghalangi kelezatannya. Mengapa nanas obelum menjadi begitu menarik bagi masyarakat Wamena dan mengapa ia begitu eksklusif di daerah ini? Mari kita jelajahi lebih dalam.

buah nanas wamena

Nanas Obelum: Enaknya dalam Ukuran Kecil

Nanas obelum memancarkan pesona yang unik. Dengan ukuran hanya sekitar 2 kepalan tangan dan bobot sekitar 0,5 kg, ia memang lebih kecil dari jenis nanas pada umumnya. Namun, kelezatannya tidak bisa diabaikan. Beberapa pembeli di Pasar Jibama, tempat nanas ini diperdagangkan, justru lebih memilih nanas obelum dibandingkan jenis nanas lain yang lebih besar. Meskipun masyarakat Papua umumnya menyukai nanas berukuran besar, nanas obelum berhasil merebut hati mereka. Seorang pembeli, Jomin, menyatakan bahwa setiap kali memakan nanas obelum, mereka bisa dengan mudah menghabiskan 3 buah sekaligus.

Nanas Kuning: Keistimewaan dan Kelezatannya

Orva Wenda, seorang pengumpul buah merah dari Wamena, memilih menyebutnya sebagai nanas kuning. Meskipun istilah "obelum" belum familiar bagi sebagian orang, tetapi nanas kuning ini mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat. Salah satu alasan mengapa nanas kuning begitu diminati adalah rasa manisnya yang hampir setara dengan mangga arumanis. Menurut pengalaman Orva yang telah mengunjungi berbagai sentra nanas di berbagai daerah, nanas obelum memiliki kelezatan yang sulit ditandingi oleh nanas jenis lainnya. Tekstur dagingnya yang kering juga menjadi ciri khas yang membedakannya. Daging nanas obelum hanya sedikit mengandung air, memberikan sensasi kering yang unik ketika dikonsumsi.

Keistimewaan Empulur dan Potensi Budidaya

Salah satu hal yang membedakan nanas obelum adalah empulurnya yang memiliki tekstur dan rasa yang sama enaknya dengan daging buahnya. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang tak terbuang, karena semua bagian buah ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Empulur nanas obelum yang kecil memiliki kelezatan yang sama dengan dagingnya, sehingga tidak ada yang terbuang. Keistimewaan lainnya adalah rendemen yang lebih tinggi dibandingkan dengan nanas jenis lainnya, karena jarak antarmata yang lebih lebar. Para petani nanas dapat mengambil manfaat dari hasil yang lebih melimpah.

Nanas Obelum: Kekayaan Papua

Nanas obelum dapat dianggap sebagai kekayaan alam yang dimiliki oleh Wamena dan Papua secara keseluruhan. Meskipun mungkin belum dikenal luas di seluruh negeri, potensinya yang unik dan kelezatannya telah menarik perhatian banyak orang. Dr. Mohammad Reza Tirtawinata, seorang pakar buah-buahan di Bogor, mengemukakan bahwa nanas obelum mungkin menjadi nanas endemik Wamena, yang tidak ditemukan di tempat lain. Ini menambah daya tarik nanas obelum sebagai bagian penting dari kekayaan alam Papua.

Mengembangkan Potensi Nanas Obelum

Sayangnya, hingga saat ini, potensi nanas obelum belum sepenuhnya dimanfaatkan. Para petani masih belum mengambil langkah intensif dalam budidaya nanas ini. Meskipun begitu, langkah-langkah sedang diambil untuk mengembangkan potensi nanas obelum lebih lanjut. Jomin, seorang petani nanas, sedang berusaha untuk mengembangkan nanas obelum di desanya. Meskipun langkah ini masih dalam tahap awal, ia optimis dengan nilai jual nanas obelum yang menjanjikan.

nanas dipasar

Mengenal Lebih Dekat dengan Nanas Obelum

Nanas obelum, meskipun kecil, membawa pesan besar tentang kekayaan alam dan potensi budidaya di Papua. Dengan rasa manis yang menggoda dan tekstur yang khas, buah ini telah meraih tempat khusus di hati masyarakat Wamena. Meskipun masih eksklusif di daerah ini, langkah-langkah untuk mengembangkan budidaya nanas obelum sudah mulai diambil. Papua memiliki potensi besar untuk menghadirkan nanas obelum ke kancah nasional dan bahkan internasional.

Mengajak Anda untuk Mencicipi Kelezatan Nanas Obelum

Apakah Anda penasaran tentang rasa unik nanas obelum? Mengapa tidak mencoba untuk mencari kesempatan mencicipinya jika Anda berkunjung ke Wamena? Dengan rasa manis yang mendekati mangga arumanis dan tekstur kering yang berbeda, nanas obelum memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Selain memberikan kenikmatan bagi lidah Anda, Anda juga akan menjadi bagian dari upaya untuk mengembangkan potensi nanas obelum dan mendukung kekayaan alam Papua.

Bersama Menuju Masa Depan yang Lebih Manis

Dalam penutup, nanas obelum adalah bukti nyata bahwa kekayaan alam Indonesia begitu beragam dan menakjubkan. Dengan upaya kolektif, kita dapat mengangkat potensi nanas obelum dan memberikan apresiasi yang pantas bagi kekayaan alam Papua. Mari kita cicipi kelezatan nanas obelum, berbagi cerita tentangnya, dan bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih manis untuk budidaya nanas di Indonesia.

Bagikan Cerita Ini dan Cicipi Kelezatan Nanas Obelum!

Yuk, mari kita bagikan cerita tentang nanas obelum dan dukung potensi budidayanya! Dengan berbagi cerita ini, Anda juga turut berkontribusi dalam mengangkat nama nanas obelum dan memperkenalkannya kepada lebih banyak orang. Jangan lupa untuk mencicipi kelezatan nanas obelum jika Anda berkesempatan berkunjung ke Wamena. Dengan begitu, kita semua dapat bersama-sama menikmati kekayaan alam Indonesia yang unik dan mengagumkan.

Document last updated at: Rabu, 10 Jul 2019