Sabtu, 24 Oktober 2020

Kala Rajah Si Cichlasoma Mencuri Hati

Beginilah jadinya kalau cinta sudah membara. Demi lou han 16 cm, Ediman rela merogoh kocek Rp4-juta untuk sebuah akuarium kaca akrilik nan bening berkapasitas 700l. Akuarium dilengkapi filter canister seharga Rp500.000. Sedemikian jernihnya sehingga lou han bagai terbang melayang.

Demi kenyamanan ikan asal Malaysia itu pula Ediman menambahkan pemanas listrik dan pumpa arus. Wajar pria 30 tahun itu menyayangi lou han-nya. Satwa air bertato huruf mandarin sepanjang 16 cm itu harganya selangit, Rpl 5-juta-Rp25-juta.

Di malam gelap gulita pun karyawan perusahaan sekuritas di jakarta itu rela menghabiskan waktu istirahat untuk lou han. “Saya kadang mengingatkan orang rumah supaya ikan jangan dikasih makan, biar saya saja setelah pulang kantor,” tutur Ediman Ini supaya lou han merasa dekat dengan pemiliknya. Buktinya sekarang, “Kalau saya buka pintu, ia lari ke pinggir akuarium seolah menyambut saya,” kata ayah 1 anak itu.

kenyamanan ikan
louhan terbaik

Lou han Mania

cara merawat ikan louhan
Lou han menjadi atraksi tersendiri

Lou han yang baru diperkenalkan di tanah air dalam hitungan bulan ternyata mencuri hati banyak hobiis. “Saya sengaja menaruh 2 akuarium di kamar tidur supaya bisa dilihat terus,” tutur Obing, hobiis di Bintaro, Jakarta Selatan. Polah aneh itu menyebabkan putranya ikut menyukai lou han. “Dia ikut-ikutan ingin pelihara,” tutur Obing sambil memilih lou han di sebuah show room untuk dibawa pulang sang anak.

Meski harga rajah cichlasoma itu terbilang mahal, tak sedikit hobiis yang mengoleksi lebih dari 1 ekor. “Saya beli 8 ekor yang ukuran 2-4 inci,” tutur Tommy Soesanto di Alam Sutera, Tangerang. Ikan seharga Rpl,2-juta-Rp2-juta/ekor itu ditempatkan di 8 akuaraium yang tersusun apik di salah satu sudut ruang keluarga. Lou han menjadi atraksi tersendiri selain home video theatre di sudut lain.

Jammy Humandani juga tak kalah heboh. Hobiis di Tomang itu mania lou han bagus. Selain jenis legendaris seperti coronation link dan flame of the forest, lou han model baru dari jenis golden diburunya. Manajer pemasaran perusahaan elektronik di Jakarta itu kerap bolak-balik Jakarta-Singapura. Kini koleksinya sudah mencapai puluhan ekor.

pakan cacing tanah untuk louhan
cara memelihara ikan louhan dari kecil

Demam lou han tidak hanya di kalangan hobiis berkantung tebal. Yang bermodal pas-pasan bisa membeli ikan kecil. Waktu itu harganya masih “miring”. “Saya baru mau coba 1 ekor dulu,” tutur Herman, yang mengaku penasaran. Metro Louhan, Jakarta selalu dipadati pengunjung setiap Sabtu Minggu. Tak hanya Jakarta, tapi juga Serang, Bandung, bahkan Lampung.

Ramainya hobiis lou han di daerah juga diakui Suwandi, pemilik Bintang Discus Farm, Cipanas, Cianjur. Mereka berani membeli lou han besar berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Alasannya, keindahannya bisa langsung dinikmati.

Penggemar ikan hias lain pun kepincut ikan hoki itu. “Saya tetap main cupang, lou han cuma sekadar peliharaan saja,” tutur Johnson, pemilik Fishmax Indonesia Farm. Meski begitu, lou han peliharaannya tak sembarang. Akuarium di rumahnya di kawasan Semanan Indah, Jakarta Barat, dihiasi 2 lou han berukuran 15 cm dan 20 cm. Lou han juga meramaikan rumah Henry Gunawan, praktisi cupang hias di Modemland, Tangerang.

hobiis​ flowerhorn
pencahayaan untuk ikan louhan