Jumat, 16 April 2021

Sang Perwira di Tengah Kebun Buah: Perjalanan Seorang Juragan Cengkih Menuju Pertanian Buah yang Mandiri

Mencari Panggilan Hati di Dunia Kebun Buah

Budi Dharmawan, seorang mantan perwira TNI Angkatan Laut, melangkah mantap di tengah kebun buahnya yang rapi dan subur. Pria berusia 70 tahun ini memimpin PT Zanzibar Cengkeh, perusahaan yang mengelola perkebunan cengkih di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Namun, di balik kesuksesannya sebagai juragan cengkih, Budi memiliki obsesi mendalam untuk membangun perkebunan buah-buahan yang lebih lestari.

kebun cengkeh

Perintis Kebun Buah-buahan dan Pembibitan Tanaman

Pada awal 1970-an, saat Budi mencari lahan untuk mengebunkan cengkih, ia melihat banyak pohon buah yang terlantar dan tidak terawat. Obsesi untuk mengubah situasi ini mendorongnya untuk membangun perkebunan buah-buahan. Namun, pada masa itu, belum ada yang serius menangani pembibitan tanaman buah. Tanpa ragu, Budi membuat pilot project berupa kebun koleksi plasma nutfah di bawah nama PT United Fruit Indonesia (UFI). Melalui riset selama enam tahun, Budi berhasil menemukan varietas buah-buahan yang layak dikembangkan.

Rintangan dan Keberhasilan Pertama

Sayangnya, bisnis pembibitan bibit buah tidak berjalan mulus. Setelah beberapa tahun memproduksi bibit, perusahaan Hortimart miliknya mengalami kebangkrutan akibat ketidaksesuaian harga dengan perjanjian pembayaran. Namun, kegagalan ini tidak membuat Budi menyerah. Ia kemudian beralih ke bisnis cengkih dan mengelola kebun cengkih seluas 2.000 ha di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kembali pada Panggilan Hati

Kesempatan emas muncul pada 2000 ketika kondisi percengkihan membaik setelah BPPC (Badan Penyangga Pemasaran Cengkih) dibubarkan. Budi kembali pada panggilan hatinya dan mulai mengembangkan kebun buah lagi. Kini, di kebunnya di Kendal, terdapat berbagai jenis buah seperti lengkeng itoh, rambutan binjai, dragon fruit, pepaya, jambu air delima dan citra, serta ribuan pohon durian monthong di Ungaran, Semarang.

Mendorong Pertanian Berkelanjutan dengan Yayasan Obor Tani

Tak hanya mengurus kebunnya, Budi juga membentuk Yayasan Obor Tani. Melalui yayasan ini, ia berharap dapat memberdayakan petani dan membantu mereka menjadi pekebun mandiri. Para petani dididik di kebun Hortindo Pratama Indah untuk menguasai teknologi pertanian yang modern, sehingga ketika mereka kembali ke lokasi masing-masing, mereka dapat mengelola pertanian mereka dengan lebih efisien.

Menjadi Perwira Tangguh di Dunia Kebun Buah

Meski menghadapi berbagai rintangan dan kegagalan dalam mengembangkan pertanian, Budi pantang menyerah. Dia menyadari bahwa untuk memajukan pertanian di Indonesia, dia harus terjun langsung dan membangun kebun buah-buahan yang berkualitas. Semangatnya yang tangguh dan ketekunannya mengembangkan pertanian membuatnya dijuluki sang perwira di tengah kebun buah.

Penutup

Dalam perjalanannya sebagai juragan cengkih dan pekebun buah, Budi Dharmawan telah membuktikan bahwa ketekunan dan semangat membangun pertanian berkelanjutan sangat penting. Ia telah berhasil mengubah lahan tidur menjadi kebun buah yang subur dan produktif. Semangatnya untuk memberdayakan petani dan meningkatkan produksi pertanian menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia.

Melalui usahanya yang gigih, Budi telah memberikan sumbangsih berharga bagi pertanian dan ketahanan pangan Indonesia. Mari bergandengan tangan dalam mendukung para petani dan pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Dengan dukungan bersama, kita dapat mencapai masa depan yang lebih baik untuk pertanian Indonesia. Bagikan kisah Budi Dharmawan kepada orang lain dan bergabunglah dalam perjuangan memajukan pertanian negeri ini.

Kisah Budi Dharmawan telah menginspirasi banyak orang untuk membangun pertanian yang berkelanjutan dan mandiri. Mari dukung para petani lokal dan saling berbagi untuk mencapai pertanian yang lebih produktif dan berdaya saing. Bagikan kisah ini kepada keluarga, teman, dan komunitas Anda, sehingga semakin banyak orang yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam membangun masa depan pertanian Indonesia yang lebih cerah. Mari bersama-sama menciptakan Indonesia yang mandiri dan sejahtera melalui pertanian yang lestari dan berkelanjutan.

Document last updated at: Jumat, 16 Apr 2021